MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK DI MTS GUPPI NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Aulia, Qotrunada (2023) MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARANAKIDAH AKHLAK DI MTS GUPPI NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 15 DAPUS.pdf] PDF
Download (899kB)
[thumbnail of SKRIPSI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia krisis karakter saat ini sangat menghawatirkan terutama telah sampai pada generasi muda bangsa Indonesia. Maka dari itu dibutuhkan perhatian khusus untuk peserta didik dalam merubah karakter yang dimiliki. Dari hasil Pra Survey peneliti di MTs Guppi Natar Kabupaten Lampung Selatan dapat temukan peneliti bahwa dari data nilai sikap yang peneliti dapat dikelas VIII terdapat 69.93% peserta didik yang masih mendapatkan nilai dibawah 70 dan terdapat 39.07% yang mendapatkan nilai diatas 70 didukung hasil observasi peneliti adanya peserta didik yang memiliki karakter kurang baik seperti, tidak sholat berjamaah, terlambat masuk kelas, membuang sampah sembarangan. Adapun fokus penelitian ini yaitu membangun karaker peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di Mts Guppi Natar Kabupaten Lampung Selatan dan sub fokus Implementasi dalam membangun karakter religius melalui melalui pembelajaran akidah akhlak di Mts Guppi Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian dalam Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi partisipan pasif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian di analisis kebenarannya menggunakan tahap reduksi data, data display, dan verifikasi/penarikan kesimpulan dan Agar data penelitian kualitatif dapat di pertanggung jawabkan sebagai penelitian ilmiah maka perlu diadakan uji keabsahan data yaitu dengan meningkatkan ketekunan dan trigulasi. Hasil yang diperoleh mengenai penelitian ini yaitu Implementasi dalam membangun karakter peserta didik melalui pembelajaran akidah akhlak di MTs Guppi Natar Kabupaten Lampung Selatan. . Guru akidah akhlak melakukan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan memasukkan Nilai Karakter kedalam tujuan RPP, Guru akidah akhlak melakukan pembiasaan dan keteladanan yang merujuk pada karakter religius dengan menerapkan nlai ibadah serta nilai amanah dan Ikhlas dengan Peserta didik dibiasakan mengucapkan salam saat masuk kelas, dan keluar kelas, mengajak doa bersama-sama sebelum memulai pembelajaran, membacar Al-Qur’an bersama-sama, dan menyelipkan pengetahuan moral saat proses pembelajaran. Dan memberikan teladan denegan menerapkan nilai religiusyaitu nilai keteladanan serta akhlak kedisiplinan mencontohkan kepada peserta didik mengikuti kegiatan sebelum memulai pembelajaran seperti sholat dhuha berjamaah, ikut berdoa dan membaca al-qur’an bersama-sama dan menggunakan metode yang dapat membantu membangun karakter religius siswa. Sedangkan factor pendukung dalam membangun karakter peserta didik salah satunya yaitu tidak terlepas dari usaha guru akidah akhlak dan warga sekolah lainnya. Dimana guru akidah akhlak di dalam kelas seperti menunjukkan contoh yang baik saat dikelas, serta kegiatan-kegiatan yang diprogramkan sekolah dalam membantuk membangun karakter peserta didik. Sedangkan factor penghambat yaitu terdapat sisiwa yang sibuk sendiri tidak memperhatikan guru akidah akhlak yang sedang menjelaskan didepan. Kemudian lingkungan rumah dan teman bergaul juga mempengaruhi dalam menghambat membangun karakter peserta didik. Kata kunci : Membangun Karakter, Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:14
Last Modified: 11 Jan 2023 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item