PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 3 PUJODADI PRINGSEWU

MAHARANI, KURNIA PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 3 PUJODADI PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI_MAHARANI KURNIA PUTRI FIX B5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini terkait rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi yang membuat peserta didik kurang mengerti saat proses pembelajaran Bahasa Indonesia, akibatnya peserta didik kurang kondusif saat proses belajar mengajar dan hanya menerima informasi yang diberikan, serta tidak tertantang untuk memberikan tanggapan atau pendapatnya secara serius. Guna mengatasi masalah tersebut pendidik harus mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar bahasa indonesia peserta didik dengan model pembelajaran inkuiri (Inquiry Based Learning) lebih baik dari hasil belajar bahasa indonesia dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri (Inquiry Based Learning) dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Jumlah populasi dalam penelitian adalah 40 orang, dengan sampel yang diambil terdiri atas dua kelas yaitu kelas IV A (20 orang) dan IV B (20 orang). Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group design. Desain ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data utama menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan instrumen tes sebelum digunakan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen. Untuk analisis data digunakan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf pengujian signifikansi 5 % (0,05). Berdasarkan hasil penelitian diketahui pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri (Inquiry Based Learning) menggunakan Independent Sampel t Test menghasilkan nilai | | = 2,106 dengan jumlah = dan data varian homogen dengan derajat kebebasan (df) = - . Nilai | | = 2,106 lebih besar dibanding | | = 1,734 dengan df = 38 sebesar 1,734 (2,106 > 1,734) dan sig. (2- tailed) = 0,042 dimana (0,042 < 0,05) dengan taraf kepercayaan 95 % data signifikansi sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar bahasa indonesia peserta didik kelas IV di SDN 3 Pujodadi Pringsewu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:47
Last Modified: 10 Jan 2023 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22605

Actions (login required)

View Item View Item