ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan)

Malinda, Helen (2017) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UKM GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi suatu hal yang sangat krusial, mengingat bahwa UKM memiliki peran yang sangat penting demi pertumbuhan ekonomi suatu negara termasuk di Indonesia. terbukti bahwa UKM tahan terhadap berbagai krisis ekonomi yang telah terjadi di Indonesia dan negara lainnya. Kegiatan UKM memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usahanya dalam merekrut tenaga kerja. UKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan dan merupakan motto penggerak pertumbuhan aktivitas ekonomi nasional. Namun yang menjadi permasalahannya bagi pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya adalah dalam peningkatan pendapatan karyawan salah satunya kurangnya strategi untuk meningkatkan pendapatan karyawan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis UKM dalam hal ini pada perusahaan bakso ikan Cahaya Bahari yang beralamatkan di Desa Linggar Jati Lampung Selatan guna meningkatkan pendapatan karyawan dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang strategi pengembangan bisnis UKM dalam meningkatkan pendapatan karyawan. Data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan dengan pihak perusahaan, dan karyawan. Data yang dihasilkan kemudian diolah menggunakan analisis metode kualitatif yang memusatkan pada masalah yang terjadi pada saat ini. Dalam prosesnya, data diolah tidak sekedar mengumpulkan data lalu diolah akan tetapi juga dianalisa, diteliti dan diinterpretasikan serta membuat kesimpulan dan memberikan saran yang kemudian disusun pembahasannya secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan Cahaya Bahari adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk yang halal, harga yang terjangkau, dan promosi yang transparan. Dengan strategi tersebut yang telah dilakukan oleh perusahaan menghasilkan peningkatan omset penjualan dan mampu memperluas area pemasaran hingga keluar provinsi. Meskipun perusahaan memiliki omset yang besar akan tetapi perusahaan masih belum bisa memberikan upah yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui penetapan UMR provinsi Lampung. Karena sistem pemberian upah yang diterapkan oleh perusahaan menggunakan sistem upah berdasarkan kinerja karyawan. Strategi yang digunakan oleh perusahaan Cahaya Bahari dalam penyediaan bahan baku, proses produksi, dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar secara keseluruhan sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam yaitu halal, baik, aman, dan tidak merusak lingkungan sekitar. Tetapi dalam hal mensejahterakan karyawan perusahaan Cahaya Bahari masih memberikan upah kepada beberapa karyawan dibawah batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga kesejahteraan karyawan belum terpenuhi secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 03:24
Last Modified: 17 Nov 2017 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item