Kemampuan Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Tatbiqi Siswa Kelas VII SMP Annida Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016

Wahyudi , Wahyudi (2017) Kemampuan Membaca Al-Qur'an Dengan Metode Tatbiqi Siswa Kelas VII SMP Annida Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (395kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (351kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (388kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (511kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (125kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur‟an adalah kesanggupan yang dimiliki siswa dalam membaca dengan baik dan benar berdasarkan tajwid dan tartiluntuk memperoleh pesan dari Al-Qur‟an. Metode tatbiqi adalah metodologi pembelajaran bahasa Al-Qur‟an yang menghantarkan siswa ke tingkat tadabur (kajian dan tafsir),metode ini menitik beratkan pada tatbiq (penerapan langsung) kata yang menjadi nama dari metode itu sendiri. Metode Tatbiqi adalah metodologi belajar dan mengajarkan Al-Quran yang menitikberatkan pada praktik dan langsung pada sumbernya Al Quran, yang dibutuhkan umat Islam saat ini. Adapun kata Tatbiqi diambil dari kata bahasa arab yang artinya bersifat terapan. Begitu urgensinya metodologi ini sebagai sarana pengembangan SDM dan dakwah kita keseluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan data dilapanganGuru sudah menjadwalkan membaca Al-Qur‟an dalam kurikulum sekolah secara rutin setiap selesai melaksanakan shalat 5 waktu namun masih terdapat siswa yang belum mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik, guru sudah menerapkan metode belajar secara berkelompok untuk lebih mudah melakukan pengawasan aktifitas kegiatan membaca Al-Qur‟an namun masih terdapat beberapa siswa yang tidak sungguh-sungguh atau bersendaugurau di dalam proses kegiatan belajar, siswa sudah memiliki perangkat pembelajaran Al-Qur‟an yaitu kitab Al-Qur‟an namun tidak semua Al-Qur‟an memiliki standar yang sama, proses kegiatan belajar mengajar dilakukan secara bersamaan dan serentak sesuai jadwal dengan tujuan untuk menyelesaikan target belajar secara bersama-sama namun terdapat beberapa santri namun tidak semua santri memiliki kemampuan daya serap yang sama sehingga kecepatan membaca dan target penyelesaian materipun berbeda. Berbagai metode mengajar membaca Al-Qur‟an sudah diterapkan di sekolah-sekolah namun, pengembangan metode mengajar membaca Al-Qur‟an harus terus dilakukan. Oleh karenanya masalah dalam penelitian ini adalah :Bagaimanakahkemampuan siswa membaca Al-Qur‟an dengan metode Tathbiqi pada siswa kelas VII SMP Annida Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dimana hasil penelitian disajikan secara deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwakemampuan membaca Al-Qur‟an dengan metode tathbiqi siswa kelas VII SMP Annida Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016 tergolong baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:39
Last Modified: 06 Mar 2017 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item