PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

WILIA, DOSSAN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI WILIA DOSSAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya keterampilan kolaboratif siswa disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang inovatif, serta model pembelajaran yang monoton membuat siswa sering bosan saat proses belajar mengajar. Sehingga mengakibatkan kuranya interaksi antara siswa yan satu dengan yang lainnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team learning terhadap keterampilan kolaboratif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 2 Kebun Tebu Lampung Barat. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk design yaitu Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kebun Tebu Lampung Barat yang berjumlah 67 siswa yang terbagi kedalam tiga kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket kuesioner dan dikumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji t-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas menggunakan rumus kolmogorov smirnov yang dilakukan untuk mengetahui data berdisrtibusi normal atau tidak. Selanjutnya uji homogenitas menggunakan rumus kolmogorov smirnov yang dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap keterampilan kolaboratif siswa dengan menerapkan model pembelajaran team learning. Pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < taraf signifikansi yaitu 0,05 (5%) yang berarti 0,000 lebih kecil dari 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran team learning terhadap keterampilan kolaboratif siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 2 Kebun Tebu Lampung Barat. Kata kunci : Model pembelajaran, Team Learning, Keterampilan kolaboratif iii ABSTRACT The lack of student collaborative skills is caused by the method used by the teacher is less innovative, and the monotonous learning model makes students often bored during the teaching and learning process. This results in a lack of interaction between students with one another. This study was conducted to determine the effect of the team learning model on students' collaborative skills on the subject of Islamic religious education class VIII at SMP Negeri 2 Kebun Tebu, West Lampung. This research approach is a quantitative approach. This type of research uses a quasi-experimental design with a design form that is Nonequivalent control group design. The population in this study used all eighth grade students at SMP Negeri 2 Kebun Tebu, West Lampung, totaling 67 students which were divided into three classes. The research sample was taken using purposive sampling technique. The sample in this study were 21 students of class VIII A as the experimental class and 21 students of class VIII B as the control class. The data collection technique was obtained through a questionnaire questionnaire and was recorded. The data analysis technique in this study used the t-test technique to answer the hypothesis. The normality test uses the Kolmogorov Smirnov formula which is carried out to determine whether the data is normally distributed or not. Furthermore, the homogeneity test using the Kolmogorov Smirnov formula was carried out to determine whether the data was homogeneous or not. The results of this study indicate that there is an influence on students' collaborative skills by applying the team learning model. Hypothesis testing obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 < the significance level of 0.05 (5%) which means 0.000 is smaller than 0.05, so it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is an effect of the team learning model on students' collaborative skills in the subjects of Islamic religious education class VIII at SMP Negeri 2 Kebun Tebu, West Lampung. Keywords : learning model, team learning, collaborative skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:11
Last Modified: 09 Jan 2023 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22597

Actions (login required)

View Item View Item