UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PERSERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

Dini, Febryani (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PERSERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DINI FEBRYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP WIYATAMA Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagimana upaya GuruBK Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Di SMP WIYATAMA Bandar Lampung.Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui 1) Gambaran Kreativitas Belajar Perserta Didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. 2) Analisis upaya yang dilakukan guru BK Dalam meningkatkan Kreativitas Belajar Perserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. 3) Evaluasi Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi untuk mengetahui apa yang sudah menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Gambaran Kreativitas Belajar Perserta Didik kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung yang kurang dalam kreativitas belajar peserta didikyakni KI, AS, SI,TA. Karena kurangnya kreativitas belajar Peserta didik kurang rasa ingin tahu yang luas dan mendalam. Peserta didik sering lambat mengajukan pertanyaan, Peserta didik mempunyai rasa keindahan yang kurang dalam, Peserta didik kurang memberikan banyak gagasan. 2) Analisis upaya yang dilakukan guru BK Dalam meningkatkan Kreativitas Belajar Perserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampungoleh guru BK berupa konseling kelompok dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik. Adapun beberpa tapahan yang dilakukan dalam konsleing kelompok yakni tahapan pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan (pembukaan), tahap pengakhiran (puntup). 3) Evaluasi Guru Pembimbing Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar yakni dengan cara mengulas kembali materi yang telah diberikan hal ini bertujuan untuk melihat tingkat pemhaman peserta didik mengenai layanan ini. Kata Kunci: konseling kelompok, kreativitas belajar iii ABSTRACT The author takes the title Efforts of BK Teachers in Improving Learning Creativity of Class VIII Students at SMP WIYATAMA Bandar Lampung‖. This study aims to describe how the BK teacher's efforts in increasing the learning creativity of students at SMP WIYATAMA Bandar Lampung. The purpose of this study is to find out 1) Overview of Student Creativity in Class VIII Students at SMP Wiyatama Bandar Lampung. 2) Analysis of the efforts made by BK teachers in increasing the Learning Creativity of Class VIII Students at SMP Wiyatama Bandar Lampung. 3) Evaluation of Supervising Teachers in Improving Learning Creativity. This research is a descriptive qualitative research with data collection methods through interviews, documentation and observation to find out what has become the formulation of the problem in this study. The results of this study indicate that 1) An overview of student learning creativity in class VIII at SMP Wiyatama Bandar Lampung which is lacking in students' learning creativity, namely KI, AS, SI, TA. Because of the lack of creativity in learning, students lack broad and deep curiosity. Students are often slow to ask questions. Students have a sense of beauty that is lacking in depth. Students do not provide many ideas. 2) Analysis of the efforts made by BK teachers in increasing the Learning Creativity of Class VIII Students at SMP Wiyatama Bandar Lampung by BK teachers in the form of group counseling in increasing students' learning creativity. There are several stages that are carried out in group counseling, namely the formation stage, the transition stage, the activity stage (opening), the termination stage (puntup). 3) Evaluation of Supervising Teachers in Improving Learning Creativity, namely by reviewing the material that has been given, this aims to see the level of understanding of students about this service.. Keywords: group counseling, learning creativity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:57
Last Modified: 09 Jan 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22581

Actions (login required)

View Item View Item