PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG

Fara, Dwi Anindita (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Fara Dwi Anindita (Cetak).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT�OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG Oleh: Fara Dwi Anindita Hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) masih tergolong rendah. Proses pembelajaran yang diterapkan masih terpusatkan kepada guru, model pembelajaran yang digunakan dianggap tidak menarik oleh peserta didik yang menyebabkan peserta didik kurang berinteraksi dengan peserta didik yang lainnya, peserta didik juga sulit untuk mengungkapkan buah pikirannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar peserta didik, pengaruh antara peserta didik yang memiliki motivasi tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar peserta didik, serta mengetahui interaksi antara proses pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel yang dipilih secara acak. Peserta didik kelas IX B terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C terpilih sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu menggunakan uji Two Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen lalu dilanjutkan uji hipotesis. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji two way anova mendapatkan hasil yaitu FAhitung= 75,85 dengan nilai p�value 0,000 < 0,05 sehingga H1A diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas IX SMP Negeri 36 Bandar Lampung. FBhitung= 1,8 dengan nilai p-value 0,186 > 0,05 sehingga H1B ditolak. Artinya tidak ada pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang, rendah terhadap hasil belajar peserta didik peserta didik pada kelas IX SMP Negeri 36 Bandar Lampung. FABhitung= 0,29 dengan nilai p-value 0,587 > 0,05 iii sehingga H1AB ditolak. Artinya tidak ada interaksi model pembelajaran POE dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas IX SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran POE, Hasil Belajar, Motivasi Belajar iv ABSTRACT THE EFFECT OF THE POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) LEARNING MODEL ON LEARNING OUTCOMES IN TERMS OF STUDENT LEARNING MOTIVATION IN SCIENCE SUBJECTS CLASS IX SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG By: Fara Dwi Anindita Student learning outcomes, especially in science subjects (Natural Sciences) are still relatively low. The learning process applied is still centered on the teacher, the learning model used is considered unattractive by students which causes students to interact less with other students, students are also difficult to express their thoughts. The purpose of this study is to determine the effect of the POE (Predict, Observe, Explain) learning model assisted on student learning outcomes, the influence between students who have high, medium, low motivation on student learning outcomes, and determine the interaction between learning process with learning motivation on student learning outcomes. The type of this research is quantitative research with 2x3 factorial design. The sample used in this study was a randomly selected sample. Class IX B students were selected as the experimental class and class IX C was selected as the control class. Data collection techniques in this study were tests, questionnaires, and documentation. Hypothesis testing in this study is using the Two Way Anova test. Based on the results of the data analysis that has been carried out, it shows that the data is normally distributed and homogeneous and then continues to test the hypothesis. The results of the hypothesis analysis using the two-way ANOVA test get the results, namely FAhitung = 75.85 with a p-value of 0.000 <0.05 so H1A is accepted. This means that there is an influence of the POE learning model assisted by the experimental method on the learning outcomes of students in class IX of SMP Negeri 36 Bandar Lampung. FBhitung = 1.8 with p-value 0.186 > 0.05 so H1B is rejected. This means that there is no influence of high, medium, low learning motivation on the learning outcomes of students in v class IX of SMP Negeri 36 Bandar Lampung. FABHitung = 0.29 with p-value 0.587 > 0.05 so H1AB is rejected. This means that there is no interaction of the POE learning model assisted by the experimental method with learning motivation on the learning outcomes of students in class IX SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Keywords: POE learning model, learning outcomes, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:57
Last Modified: 05 Jan 2023 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22534

Actions (login required)

View Item View Item