PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SENDANG AGUNG

ARIFATUS, SOLIHAH (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 SENDANG AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ARIFATUS SOLIHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Secara garis besar yang mempengaruhi hasil belajar siswa ada dua faktor, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (kemampuan) dan faktor yang berasal dari luar diri siswa (lingkungan). Faktor lingkungan bisa berupa guru, orang tua, teman, sarana belajar serta kondisi lingkungan pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi sebagai sistem pembelajaran dalam jaringan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil dengan sampel yang diambil 20% dari 157 siswa. Jadi populasi yang ada dalam penelitian ini memperoleh kesempatan yang sama untuk menjadi sampel, maka sampel yang diambil sebanyak 20% x 157 = 31,4 dibulatkan jadi 31 siswa yang menjadi sampel. Peneliti menggunakan hasil nilai rapot siswa dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan data menggunakan tiga metode yaitu wawancara sebagai instrumen untuk mengetahui gambaran umum dan gejala-gejala siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode angket untuk mengetahui proses pembelajaran dalam jaringan, Dan metode dokumentasi untuk mengetahui data hasil belajar siswa kelas VIII sebagai data utama dan data penunjang yang diperlukan oleh peneliti seperti profil, sejarah dan data siswa kelas VIII SMPN 1 Sendang Agung. Berdasarkan hasil analisis dan hipotesis dapat disimpulkan bahwa “Tidak Ada Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam” dengan diketahui bahwa nilai Sig sebesar 0,147 > 0,05 dan nilai thitung = 1,490 < ttabel = 2,045 pada variabel X (Pembelajaran Dalam Jaringan) dan variabel Y ( Hasil belajar Siswa Pendidikan Agama Islam), Yang artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Kata kunci : Pembelajaran dalam Jaringan, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:13
Last Modified: 04 Jan 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22499

Actions (login required)

View Item View Item