PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL-IKHLAS DESA TANJUNGSARI, NATAR, LAMPUNG SELATAN

INSI, ALMIAH (2023) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AL-IKHLAS DESA TANJUNGSARI, NATAR, LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI INSI ALMIAH - 1811080151 REVISI MUNAQ.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik memiliki permasalahan terkait dengan minat belajar yang rendah. Minat mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu syarat agar peserta didik dapat berhasil dalam belajar adalah minat yang tinggi. Apabila peserta didik mempunyai minat yang tinggi terhadap suatu materi pembelajaran, maka peserta didik akan mempelajari materi tersebut dengan perasaan senang dan akan memunculkan rasa ingin tahu yang lebih besar lagi. Menurut Safari dalam buku Edy Syahputra yang berjudul “Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar”, menyebutkan indikator minat terbagi menjadi empat yaitu: perasaan senang, ketertarikan peserta didik, perhatian peserta didik, dan keterlibatan peserta didik. Guru perlu memberikan dorongan kepada peserta didik untuk menumbuhkan minat belajar. Salah satu cara yang paling efektif untuk menumbuhkan minat pada peserta didik yaitu dengan memberikan hadiah. Pemberian hadiah dengan metode token economy juga merupakan suatu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa baik di sekolah maupun di rumah. Hal tersebut dapat menimbulkan perasaan senang serta adanya penghargaan dalam diri siswa, karena usaha yang sudah dijalankan mendapat respon yang baik dan sebagai positive reinforcement yang diberikan guru kepada siswa. Masalah penelitian ini adalah terkait dengan bagaimana gambaran mengenai minat belajar peserta didik di TPA Al-Ikhlas serta apakah penerapan teknik token economy dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di TPA Al�Ikhlas Desa Tanjungsari, Natar, Lampung Selatan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang mengkaji suatu masalah dengan pemahaman secara mendalam pada aspek pemaknaan dan penggambaran dunia sosial individu tersebut. Penelitian kualtitatif dimulai dengan asumsi dan penggunaan kerangka penafsiran/teoritis yang membentuk atau mempengaruhi studi tentang permasalahan penelitian yang terkait dengan makna yang dikenakan oleh individu atau kelompok pada suatu permasalahan sosial atau manusia. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas B TPA Al-Ikhlas sebanyak 20 peserta didik sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 peserta didik yang menampilkan hanya satu indikator minat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan teknik token economy memiliki peran serta dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Penerapan teknik token economy untuk meningkatkan minat belajar peserta didik memiliki tujuan yang jelas dalam melaksanakan penerapan penguatan ini, yaitu menjadikan peserta didik dapat meningkatkan minat belajarnya sehingga peserta didik mampu mencapai keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan penulis, minat belajar peserta didik mengalami peningkatan selama penerapan teknik token economy. Peserta didik menampilkan perilaku minat yang telah ditargetkan oleh guru sehingga peserta didik memperoleh token lebih banyak tiap minggunya. Dalam hal ini terjadi proses perubahan perilaku dalam diri peserta didik setelah menerima token tersebut dari guru. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik meningkat setelah diterapkan teknik token economy. Kata Kunci : Token Economy, Minat Belajar iii ABSTRACT Students have problems related to low interest in learning. Interest has a very important role in teaching and learning activities. One of the requirements for students to be successful in learning is high interest. If students have a high interest in a learning material, then students will study the material with pleasure and will create even greater curiosity. According to Safari in Edy Syahputra's book entitled "Snowball Throwing Increases Interest and Learning Outcomes", mentions that interest indicators are divided into four, namely: feelings of pleasure, student interest, student attention, and student involvement. Teachers need to provide encouragement to students to foster interest in learning. One of the most effective ways to foster interest in students is by giving gifts. Giving gifts using the token economy method is also an alternative to increase student interest in learning both at school and at home. This can cause feelings of pleasure and appreciation in students, because the efforts that have been carried out have received a good response and as positive reinforcement given by the teacher to students. The problem of this research is related to how the description of students' interest in learning at TPA Al-Ikhlas and whether the application of token economy techniques can increase students' interest in learning at TPA Al-Ikhlas, Tanjungsari Village, Natar, South Lampung. In this study, the authors used qualitative research methods. Qualitative research method is a research method that examines a problem with an in-depth understanding of the meaning and description of the individual's social world. Qualitative research begins with assumptions and the use of an interpretive/theoretical framework that forms or influences the study of research problems related to the meanings imposed by individuals or groups on a social or human problem. The population in this study were 20 students of class B TPA Al-Ikhlas while the sample used in this study were 2 students who displayed only one indicator of interest. The data collection techniques used in this study were the interview method, the observation method, and the documentation method. The results of this study are the application of the token economy technique has a role in helping students to increase students' interest in learning. The application of the token economy technique to increase students' interest in learning has a clear goal in implementing this strengthening application, namely to make students able to increase their interest in learning so that students are able to achieve learning success. Based on the results of interviews and documentation conducted by the author, students' interest in learning has increased during the application of the token economy technique. Students display interest behaviors that have been targeted by the teacher so that students get more tokens each week. In this case, there is a process of behavior change in students after receiving the token from the teacher. This shows that students' interest in learning increases after the token economy technique is applied. Keywords: Token Economy, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:35
Last Modified: 03 Jan 2023 08:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22486

Actions (login required)

View Item View Item