SULTAN, ALIF APRILA (2022) STRATEGI PETAHANA DALAM PEMBENTUKAN CITRA DIRI DI PILKADES CANDIMAS KECAMATAN ABUNG SELATAN KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan di Desa Candimas merupakan salah satu bentuk penerapan atau implementasi dari kehidupan berdemokrasi di masyarakat desa yang mana sesuai dengan amanat UU Desa dan PP No. 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU Desa. Perda No. 6 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa yang mana merupakan satu hal yang mutlak diperlukan guna sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, sehingga Pemilihan Kepala Desa dapat berlangsung efektif. Dalam setiap pemilihan kepala desa setiap calon harus memiliki strategi untuk dapat memenangkan suatu pemilihan. Berbagai macam strategi dapat diterapkan namun belum tentu strategi�strategi tersebut dapat membuahkan hasil yang diinginkan. Dalam pemilihan kepala desa Candimas seorang calon petahana menunjukkan bahwa membentuk citra diri atau personal branding yang positif dikalangan masyarakat dapat dijadikan sebagai strategi politik yang efektif untuk memenangkan pemilihan kepala desa Candimas. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana strategi petahana dalam membentuk citra diri untuk dapat menarik minat masyarakat dan memenangkan kembali Pilkades Candimas 2021. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari petahana yang mana telah menjabat sebagai kepala desa Candimas sebagai key informan dan masyarakat Desa Candimas sebagai narasumber. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi dari petahana yang digunakan di pilkades Candimas tahun 2021 yang mana sesuai dengan indikator teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, yaitu dengan menerapkan tiga aspekdasar dalam membangun personal branding seperti membentuk ciri khas, relevansi dan juga konsistensi. Sedangkan hasil dari strategi pembentukan citra diri petahana pada pemilihan kepala desa Candimas dinilai berhasil karena dapat kembali merebut simpati masyarakat sehingga mayoritas masyarakat Desa Candimas memutuskan untuk kembali memilih petahana untuk dapat melanjutkan jabatannya di periode selanjutnya. Kata kunci: Citra Diri, Pemilihan Kepala desa, Strategi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pemikiran Politik Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Dec 2022 04:08 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 04:08 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22356 |
Actions (login required)
View Item |