PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM BANJARWANGI KECAMATAN KOTABUMI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA

SITI, HOPSAH (2022) PERAN KYAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPEMIMPINAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM BANJARWANGI KECAMATAN KOTABUMI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI HOPSAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran yang sangat penting di pondok pesantren ini tidak terlepas dari fungsi tradisionalnya yaitu sebagai pemeliharaan tradisi Islam, reproduksi ulama, transmisi dan transfer ilmu-ilmu Islam. Diharapkannya pesantren mampu melaksanakan fungsi tradisionalnya dan menjadi pusat pemberdayaan masyarakat, sosial dan ekonomi. Tidak hanya itu, pesantren juga dapat berperan sosial seperti menjadi pusat rehabilitas sosial pembinaan akhlak dan karakter yang harus diberikan kepada para santri pada usia dini serta harus dilakukan oleh pihak yang terkait seperti orang tua, pemerintah, lembaga pendidikan maupun pihak lain dan dilakukan secara kontinu agar mereka dapat memiliki kepribadian yang baik sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta menjauhi akhlak yang buruk. Kyai memiliki peran yang sangat besar dan stategis dalam upaya pembentukan karakter santri didalam lembaga pesantren agar mereka dapat istiqomah dalam melaksanakan akhlak dan karakter secara baik. Berdasarkan hasil pra penelitian di Pondok Pesantren Nurul Islam, kyai telah berperan dalam menanamkan karakter pada santri hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan baik melalui nasihat, pendidikan dengan cara menanamkan nilai nilai moral serta etika bersosial baik dalam lingkungan pesantren maupun masyarakat, serta memberikan hukuman yang tujuan untuk mendidik. Namun upaya tersebut belum dilakukan secara optimal karena masih ada beberapa santri yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang difokuskan pada objek dan subjek penelitian (kyai dan santri) dengan tujuan untuk mengetahui Peran Kyai Dalam Menanamkan karakter Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Banjarwangi Kecamatan Kotabumi Utara Kabupaten Lampung Utara. Dalam mengumpulkan data ini penulis menggunakan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data melalui sistem reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data sehingga hasil penelitiannya yaitu Peran Kyai Sebagai Rois atau Imam, Peran Kyai Sebagai Guru Ngaji, Peran Kyai Sebagai Tabib, Peran Kyai Sebagai Pengasuh dan Pembimbing, Peran Kyai Sebagai Motivator, Peran Kyai Sebagai Orangtua Kedua. Namun tidak cukup sebatas menjalankan peran tersebut melaikan kyai juga perlu memohon kepada Dzat yang maha kuasa agar apa yang yang telah dilakukan kepada santrinya dapat bermanfaat. Kata kunci : Peran kyai, Karakter santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:12
Last Modified: 27 Dec 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item