EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DIPONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BARURANJI KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

HENY, NURHASANAH (2022) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI DIPONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM BARURANJI KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HENY NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kitab Ta’lim Muta’alim beserta isinya penulis menyimpulkan kitab Ta’lim Muta’alim berisikan tentang contoh ahlak yang baik yang harus di lakukan santri. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk Untuk mengetahui efekivias komunikasi pembelajaran kitab ta’lim muta’alim dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Miftahul Ulum Baruranji, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, dan Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam membina akhlak santri pondok pesantren Miftahul Ulum Baruranji, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer yakni subjek penelitian ini adalah guru atau ustad dan santri pada pondok pesantren, Kabupaten Lampung Selatan dan sumber data sekunder yakni data pendukung yang diperoleh secara tidak langsung biasanya sumber data dokumen, internet, video, jurnal, akripsi, buku-buku referensi ataupun situs-situs lainnya yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Temuan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Efekivias komunikasi pembelajaran kitab ta’lim muta’alim dalam membina akhlak santri di pondok pesantren Miftahul Ulum Baruranji, Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan yakni mengenai efektivitas Komunikasi pembelajaran untuk membina akhlak santri dilakukan dengan baik dan efektif terlihat dari terlaksanakannya lima hukum komunikasi efektif saat belajar mengajar yaitu: respect, empathy, audible, clarty, humble. Sehingga dari proses komunikasi pembelajaran itu terdapat perubahan santri dalam hal akhlak terhadap sesama makhluk seperti halnya menghormati guru, membangun sikap persaudaraan, melakukan silaturahmi, bersikap adil, saling tolong menolong, bersikap penyaang., serta membentuk santri yang berakhlak mulia. Kata kunci: Efektivitas Komunikasi Pembelajaran, Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:33
Last Modified: 26 Dec 2022 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item