PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DI KELAS IX SMP NEGERI 03 BANDAR LAMPUNG

Octa Viyani, Yenni (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DI KELAS IX SMP NEGERI 03 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PDF_YENI.pdf]
Preview
PDF
Download (869kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENINGKATAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DI KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG Oleh Yenni Octa Viyani Dalam proses belajar mengajar diharuskan untuk menggunakan berbagai strategi, metode, model pembelajaran dan media pembelajaran. Dengan adanya strategi tersebut apa yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik dapat membawa hasil yang baik. Pembelajaran pendidikan agama islam selama ini hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, hal ini yang membuat peserta didik menjadi kurang berminat dalam belajar. Adapun salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dengan menerapkan strategi crossword puzzle. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas IX E SMP Negeri 3 Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung?”. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “dengan penerapan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX E di SMP Negeri 3 Bandar Lampung” Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 80 %. Hasil penelitian menunjukan bukti bahwa persentase minat belajar pada pra siklus adalah pada saat pembelajaran menunjukan minat belajar yang rendah yaitu sebanyak 20 siswa (57, 14 %) , minat belajar sedang 15 siswa (42, 85 %), dan minat belajar tinggi tidak ada (0,00 %). Kemudian meningkat pada siklus I yaitu menjadi minat belajarnya rendah ada 3 siswa (8,57 %), minat belajar kategori sedang sebanyak 30 siswa (85,71 % ) dan yang berada dikategori tinggi sebanyak 2 siswa (5, 71 %), lalu meningkat pada siklus II menjadi siswa yang memiliki minat belajar tinggi ada 30 siswa (85, 71 %) dan untuk yang sedang sebanyak 5 siswa (14, 28 %) dan untuk yang rendah sudah tidak ada (0, 00 %). Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi crossword puzzle dapat meningkatkan minat belajar peserta didik bagi siswa kelas IX E SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Kata Kunci : Minat Belajar, Crossword Puzzle

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Nov 2017 02:33
Last Modified: 17 Nov 2017 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item