Kepemimpinan visioner kepala SMA Negeri 1 Menggala

Hersan, H (2017) Kepemimpinan visioner kepala SMA Negeri 1 Menggala. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
PDF
Download (965kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan visioner kepala SMA Negeri 1 Menggala. Sosok kepala sekolah yang visioner adalah sosok yang sangat ditunggu bagi sekolah yang bervisi maju. Dalam penelitian ini ada 4 rumusan masalah yaitu 1.Bagaimanakah peran kepemimpinan visioner kepala SMA Negeri 1 Menggala dalam perannya sebagai penentu arah dalam mendisiplinkan Guru, Pegawai dan Siswa SMA Negeri 1 Menggala 2.Bagaimanakah peran kepemimpinan visioner Kepala SMA Negeri 1 Menggala dalam meningkatkan fasilitas sekolah 3.Strategi apa yang diterapkan kepala sekolah dalam memberi motivasi kepada Guru, Karyawan dan siswa SMA Negeri 1 Menggala 4. Uswah atau keteladan seperti apa yang dicontohkan kepala sekolah dalam perannya sebagai model di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru, pegwai, siswa dan komite sekolah. Key informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan peningkatan ketekunan dalam penelitian, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa Peran Kepemimpinan Visioner Kepala SMA negeri 1 Menggala dapat disumpulkan sebagai berikut : 1. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Menggala telah menjalankan peranya secara aktif dan optimal yang berkarakter integritas religius, yaitu kepemimpinan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah Swt. Kepala SMA Negeri 1 Menggala penuh semangat dalam memimpin dan menjalankan roda organisasi didalam sekolah dengan ketulusan, jujur, ikhlas dan berakhlak mulai. 2.Kepala SMA Negeri 1 Menggala menerapkan peran-peranya sebagai pemimpin anatara lain, yaitu sebagai penentu arah, sebagai agen perubahan di sekolah, sebagai motivator dan sebagai model dalam meningkatkan mutu SMA Negeri 1 Menggala. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis merekomendasikan 1. Peran kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sebaiknya melibatkan seluruh komponen internal dan eksternal. Tanpa ada dukungan tersebut, keberhasilan tidak akan tercapai. Oleh karena itu kepemimpinan visioner harus membangun kerja sama yang kuat dengan melakukan interaksi, komunikasi dan koordinasi. 2. Meningkatan fasilitas sekolah, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Ipa dan Laboratorium Komputer. Untuk mendukung proses belajar menggajar dan penerapan kurikul 2013 yang berbasis tekhnologi. 3. Lembaga pendidikan ingin mencapai pendidikan yang bermutu maka harus mengoptimalkan peran-peran kepemimpinan visioner sebagaimana tersebut yang dijiwai dengan karakter integritas religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:44
Last Modified: 16 Nov 2017 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item