PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 PESISIR BARAT

Siti, Amalia Husna (2022) PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 1 PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak sangatlah penting bagi siswa dikarenakan jika hasil belajar siswa baik, maka dalam belajar aqidah untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi dapat dikatakan lebih baik. Berdasarkan dari hasil pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MAN 1 Pesisir Barat Kelas X untuk hasil belajar siswa tergolong kategori rendah yaitu dimana siswa masih mendapatkan nilai di bawah KKM (nilai > 75) dari 332 siswa yang mencapai KKM sebanyak 130 siswa. Peneliti tertarik untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui pengaruh strategi joyfull learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 MAN 1 Pesisir Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes (Posttest/pretest), observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas,Homogenitas, dan N-Gain. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji statistik “t”, atau Uji-T. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-T dengan nilai signifikasi = 0,05, diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 yang dapat disimpulkan bahwa Nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 maka HO ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut Menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukan terdapat pengaruh Strategi Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Pesisir Barat. Kata Kunci : Strategi, Joyfull Learning, Hasil Belajar iii ABSTRACT Student learning outcomes in learning aqidah morality are very important for students because if student learning outcomes are good, then in learning aqidah to solve the problems faced can be said to be better. Based on the results of pre research conducted by researchers at MAN 1 Pesisir Barat Class X for student learning outcomes classified as low category, namely where students still get scores below the KKM (value> 75) of 332 students who reach the KKM as many as 130 students. Researchers are interested in implementing learning strategies that can improve student learning outcomes. The purpose of this study was to determine the effect of the joyfull learning strategy on student learning outcomes. This research is a type of Quasy Experiment Design. The samples of this study were students of class X IPS 1 and X IPS 2 MAN 1 Pesisir Barat. The sampling technique used is purposive sampling.Data collection techniques in this study were in the form of tests (Posttest/pretest), observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are Validity Test, Homogeneity, and N�Gain. Hypothesis testing in this study uses the "t" statistical test, or T�test. The results of hypothesis testing using T-test with a significance value = 0.05, obtained a significance value of 0.000 which can be concluded that the significance value (2-tailed) < 0.05 then HO is rejected and Ha is accepted. This shows that there is a significant difference between the initial variable and the final variable.Strategy Joyful Learning on the learning outcomes of class X students in the Akidah Akhlak subject at MAN 1 Pesisir Barat. Keywords : Strategy, Joyful Learning, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 06:30
Last Modified: 19 Dec 2022 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22189

Actions (login required)

View Item View Item