PENGARUH MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Sofiana, Ira Agus (2017) PENGARUH MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (53MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA FILM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG Oleh: IRA AGUS SOFIANA Media adalah salah satu unsur yang berperan penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik, memudahkan dalam pembelajaran dan memadatkan informasi. Terlebih lagi media film merupakan media yang menggabungkan audio, visual, dan gerak secara bersamaan sehingga mampu menarik belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI di MIN 10 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada Quasi eksperimen ini ialah pretest dan posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 10 Bandar Lampung yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VB) dan Kontrol (VA). Teknik pengumpulan data ialah dengan tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif untuk untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif. Setelah data tes objektif dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar peserta didik setelah proses pembelajaran menggunakan media film nilai rata-rata 76,08 sedangkan tanpa menggunakan media film nilai rata-rata 72,08. Uji t untuk nilai tes akhir diperoleh thitung>ttabelyaitu 2,853 > 1,671 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05. Sesuai kriteria uji-t berarti H_1 diterima dan Ho di tolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan media film dengan hasil belajar yang tanpa menggunakan media Film. Dengan demikian penggunaan media film berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI di MIN 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Media Film, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:55
Last Modified: 16 Nov 2017 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item