KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI DI ERA GLOBALISASI

Eka, Febiana (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN KONDISI DI ERA GLOBALISASI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA FEBIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan islam pada dasarnya merupakan upaya pembinaan dan pengembangan potensi manusia, agar tujuan kehadirannya di dunia ini sebagai hamba allah dan sekaligus tugas khalifah allah tercapai sebaik mungkin. Adapun peneliti menitik fokuskan kepada metode pembelajaran menurut Ibnu Khaldun yang harus diperhatikan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pengajaran agar sampai kepada tujuan Pendidikan yang di inginkan. Tujuan Pendidikan tersebut yaitu mempu meningkatkan anak didik yang kreatif dan dialogis, untuk itu penerapan suatu metode pembelajaran yang relevan dengan situasi tertentu perlu dipahami keadaan metode pembelajaran tersebut baik ketetapan maupun tata caranya. Maka, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode pembelajaran menurut Ibnu Khaldun dan relevansinya dengan kondisi di era globalisasi. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini dapat dijelaskan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang termasuk dalam penelitian kualitatif dan bersifat kulaitatif deskriptif yakni metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Kemudian menggunakan pendekatan interpretative dengan sumber data berupa primer yaitu buku Muqaddimah Karya Ibnu Khaldun dan data sekunder yiatu Karya Ibnu Khaldun lainnya serta termasuk karya pakar-pakar yang memiliki keterkaitan dengan penelitian yang sedang di teliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik pengumpulan data dokumentasi yang dapat berbentuk tulisan, gambar, dan karya-karya monumental seseorang. Selanjutnya menganalisis karya tersebut menggunakan menggunakan Teknik analisis isi untuk mengkaji secara tidak langsung melalui analisis terhadap kaya seseorang yang ditunjukan untuk membuat kesimpulan dengan cara mengidentifikasi isi pesan pada suatu buku yang digunakan pada sumbernya pada penelitian kualitatif studi kepustakaan ini. iii Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembelajaran menurut Ibnu Khaldun ada 11 metode,diantaranya sebagai berikut: metode pentahapan (Tadarruj), metode pengulangan (takrari), metode kasih sayang (Al-Qurb Wa Al-Muyanah),metode diskusi dan dialog, metode peninjauan kematangan usia dalam mengajarkan Al-Qur’an, metode penyesuaian dengan perkembangan potensi peserta didik,metode penguasaan satu bidang, metode widya-wisata (Rihlah), metode praktik/Latihan, metode menghindari peringkasan buku. Dari 11 metode yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun masih ada 5 metode yang masih bisa di terapakan di era globalisasi saat ini yaitu metode pentahapan dan pengulangan, metode kasih sayang, metode diskusi dan dialog, metode widya wisata (rihlah) dan terakhir metode praktik/Latihan (tadrid). Kata Kunci: Era globalisasi, Ibnu Khaldun, Metode pembelajaran, Pendidikan Islam. iv ABSTRACT Islamic education is an effort to foster and develop human potential so that the purpose of his presence in this world as a servant of Allah and at the same time the task of the caliph of Allah is achieved as well as possible. The researchers focused on learning methods according to Ibn Khaldun that must be considered by educators and students in the teaching process to arrive at the desired educational goals. The purpose of education is to be able to improve students who are creative and dialogical, for that the application of a learning method that is relevant to certain situations needs to be understood the state of the learning method, both provisions, and procedures. Thus, this study aims to determine the learning method according to Ibn Khaldun and its relevance to conditions in the era of globalization. The research method applied in this study can be explained using the type of library research which is included in qualitative research and is descriptive qualitative, namely research methods that seek to describe and interpret objects as they are. Then using an interpretative approach with primary data sources, namely the book Muqaddimah by Ibn Khaldun, and secondary data, namely the works of Ibn Khaldun, as well as the work of experts who are related to the research being studied. The data collection technique used is the documentation data collection technique which can be in the form of writing, pictures, and monumental works of a person. Furthermore, analyzing the work uses content analysis techniques to examine indirectly through analysis of a person's wealth which is shown to make conclusions by identifying the message content in a book that is used at its source in this qualitative research literature study. The results of this study indicate that the learning method according to Ibn Khaldun there are 11 methods, including the following: phasing method (Tadarruj), repetition method (takers), compassion method (Al-Qurb Wa Al-Muyanah), discussion and v dialogue method, review method maturity in teaching the Qur'an, methods of adjustment to the development of the potential of students, methods of mastering one field, the method of widya-wisata (Rihlah), the method of practice/exercise, the method of avoiding book summarization. Of the 11 methods proposed by Ibn Khaldun, there are still 5 methods that can still be applied in the current era of globalization, namely the phasing and repetition method, the affection method, the discussion and dialogue method, the widya wisata method (rihlah) and the last method of practice/exercise (tadrid). Keywords: Globalization era, Ibn Khaldun, learning methods, Islamic education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:30
Last Modified: 19 Dec 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22165

Actions (login required)

View Item View Item