PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI, DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

LILIS, KURNIAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FERA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI, DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI LILIS KURNIAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dan penalaran matematis merupakan kemampuan dasar matematika yang perlu dimiliki oleh siswa sebagai penunjang ketika dihadapkan oleh sebuah persoalan dan menemukan solusinya. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah FERA (Focus, Explore, Reflect, and Apply). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIC SMP Negeri 8 Tulang Bawang Barat. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain, uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Multivariat Analysis Of Variance (Manova). Hasil penelitian dan hitung uji manova diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran FERA terhadap : peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan penalaran matematis siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa, terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa, terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Model Pembelajaran FERA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Dec 2022 02:41
Last Modified: 15 Dec 2022 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item