PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM

Eva, Tiarasani (2022) PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FUL  EVA TIARASANI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBINAAN AKHLAK PERSPEKTIF HASAN AL-BANNA DAN RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM Oleh EVA TIARASANI Era globalisasi saat ini gejala kemerosotan moral yang terjadi sudah sangat mengkhawatirkan kejujuran, tolong-menolong, kasih sayang, dan keadilan sudah tertutupi dengan penyimpangan, penindasan, penipuan, saling berdebad serta saling merugikan. Kemerosotan moral yang demikian lebih mengkhawatirkan lagi karena tidak hanya terjadi pada kalangan dewasa tetapi terjadi pada kalangan pelajar yang mana mereka diharapkan untuk menjadi penerus bangsa yang berakhlakul karimah yang mencintai perdamaian, keadilan dan ketenteraman antar sesama. Pembinaan akhlak menjadi sangat berperan dalam usaha pencegahan efek negatif dari perkembangan zaman ditambah dengan kemajuan teknologi zaman sekarang yang semakin mutakhir. Menurut Hasan Al-Banna pendidikan islam merupakan sebagai proses pengembangan segala potensi yang dimiliki manusia baik jasmani, akal maupun hati (Qalb). Dengan demikian perlu adanya kajian yang mengenai tentang bagaimana pembinaan akhlak, dalam hal ini penulis mengkaji pembinaan akhlak perspektif Hasan Al-Banna dan relevansinya pada pendidikan Islam. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini 1.Bagaimana pembinaan akhlak perspektif Hasan Al-Banna? 2. Apa relevansi pembinaan akhlak Hasan Al-Banna dilihat dari pendidikan islam? Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui pembinaan akhlak yang dilakukan oleh Hasan Al-Banna 2.Ingin mengetahui relevansi pembinaan akhlak perspektif Hasan Al-Banna pada pendidikan islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian pustaka (Library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai data terkait, baik yang berasal dari sumber data primer maupun sumber data sekunder, data dikumpulkan dengan iv menggunakan teknik “studi pustaka”, yakni penggunaan sumber�sumber kepustakaan yang ada kaitannya dengan masalah pokok yang dirumuskan. Berdasarkan pada jenis data dan tujuan yang akan dicapai, maka strategi analisis yang digunakan adalah “analisis kualitatif”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memahami bagaimana Pembinaan Akhlak Perspektif Hasan Al-Banna dan Relevansinya Pada Pendidikan Islam. Secara teoritis penelitian ini dapat memperluas pengetahuan serta mendalami bidang pembinaan dan secara praktis penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan atau referensi dalam hal berperilaku dengan baik dan benar. Dalam melaksanakan pembinaan akhlak dalam perangkat-perangkat tarbiyah Hasan Al-Banna penulis menggunakan program Katibah. Program katibah ini menekankan pada puncak keteladanan, ketauhidan, dan mengangkat derajat ukhuwahnya. Program katibah ini memiliki tiga rukun yakni Ta‟aruf (saling mengenal), Tafahum (saling memahami), dan Takaful (saling menanggung beban). Pembinaan akhlak perspektif Hasan Al-Banna memiliki relevansi dengan pendidikan islam karena pembinaan akhlak merupakan pendidikan interdisipliner yang terdapat unsur-unsur pendidikan islam didalam nya. Kata Kunci : Pembinaan Akhlak, Hasan Al-Banna, Pendidikan Islam v ABSTRACT Hasan Al-Banna’s Perspective On Moral Development and Its Relevance To Islamic Education By Eva Tiarasani In the current era of globalization, the symptoms of moral decline that occur are very worrying about honesty, help, compassion, and fidelity which have been covered with deviations, oppression, fraud, arguing with each other, and harming each other. Such a moral decline is even more only occur among adults but alson occurs among students, where they are expected to become the successors of a nation with good character who loves peace, justice, and peace among others. Moral development plays a very important role in efforts to prevent the negative effects of the times coupled with today’s increasingly sophisticated technologicaladvances. According to Hasan Al-Banna, Islamic education is a process of developing all the potentials possessed by humans, both physically, mentally and spiritually. Thus, there is a need for a study on how to develop morals, in this case the author examines the moral development of Hasan Al-Banna’s perspective and relenvance to Islamic education. As for the formulation of the problem in this thesis 1. How are the tarbiyah devices used in the moral development of Hasan Al-Banna’s perspective? 2. What is the relevance of Hasan Al-Banna’ perspective of moral development seen from Islamic education. This study aims 1. To find out the devices of tarbiyah carried out in moral development carried out by Hasan Al-Banna. 2.want to know the relevance of Hasan Al-Banna perpective on moral development in Islamic education. This type of research is qualitative research in the form of library research, namely research conducted by examining various realted data, both from primary data sources and vi secondary data sources, data collected using library research techniques, namely the use of library sources that are related to the problem. Formulated subject. Based on the type of data and the analysis strategy used is “qualitative analysis”. The purpose of this research is to find out and understand how the moral development of Hasan Al-Banna’s perspective and its relevance to Islamic education. Theoretically this research can be used as a reference in terms of behaving properly and correctly. In carrying out moral development in Hasan Al-Banna’s tarbiyah devices, the author uses the katibah program, this katibah program emphasizes the peak of exemplary, monotheism, and elevating the degree of ukhuwah. This katibah program has three pillars, namely Ta’aruf (knowing each other), tafahum (understanding each other), and takaful (bearing each other’s burdens). Hasan Al-Banna’s perpective of moral development has relevance to Islamic education because moral development is an interdisciplinary education that contains ements of Islamic education in it. Keywords: Moral Development, Hasan Al-Banna, Islamic Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:57
Last Modified: 14 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item