STRATEGI MARKETING DIGITAL SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus SDIT Muhammadiyah Gunter)

MUHAMMAD, ALI MA’RUF WAHYUDI (2022) STRATEGI MARKETING DIGITAL SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus SDIT Muhammadiyah Gunter). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of MUHAMMAD ALI MA'RUF WAHYUDI - 1811030427 - PUBLIKASI SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of MUHAMMAD ALI MA'RUF WAHYUDI - SKRIPSI - 1811030427.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran digital merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran dengan memanfaatkan internet sebagai salah satu cara memperluas jangkauannya. Strategi pemasaran memiliki pengaruh langsung untuk mendapatkan konsumen, lembaga pendidikan harus memiliki strategi pemasaran yang baik demi mendapat konsumen dengan cara mencari pendekatan strategi-strategi yang paling efektif. Dalam memasarkan suatu produk, lembaga pendidikan harus paham siapa sasarannya, dengan melaksanakan segmentasi pasar kegiatan pemasaran akan menjadi lebih terarah dan sumber daya lembaga pendidikan dapat digunakan lebih efektif dan efisien. Begitu juga dengan bauran pemasaran yang merupakan teori dasar dalam pemasaran untuk mendorong kinerja perilaku dan tujuan pemasaran yang diinginkan ke pasar sasaran melalui pengendalian sejumlah kombinasi elemen baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran digital apa yang digunakan oleh SDIT Muhammadiyah Gunung Terang dalam memasarkan lembaga pendidikannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Sumber data diperoleh dari informan yang berjumlah tiga orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode serta pemeriksaan sejawat digunakan sebagai alat uji keabsahan data. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa lembaga pendidikan menggunakan strategi pemasaran digital sebagai langkah untuk memasarkan produk yang ditawarkan oleh lembaganya. Strategi tersebut diantaranya adalah dengan memanfaatkan segmentasi pasar dan bauran pemasran, segmentasi pasar digunakan untuk mengarahkan lembaga pendidikan kepada sasaran pasar yang tepat dengan data sebagai sarana pemetaanya. Bauran pemasaran juga digunakan untuk mencari konsumen dengan pemanfaatan media sosial seperti instagram, youtube, facebook dan website yang berisi konten-konten yang mengenalkan produk-produknya. Kata Kunci : Pemasaran Digital, Segmentasi, Bauran Pemasaran iv ABSTRACT Marketing Digital were the part of a marketing strategy by utilize the internet as a way to expand it goals. Marketing strategy has a direct influence on getting consumers, educational institutions must have a better marketing strategy in order to get consumers by search for the most effective strategy approaches. In marketing a product, educational institutions must understand who the target was, by carry out the market segmentation, marketing activities will be more focused and educational institution resources can be used more effectively and efficiently. Likewise with the marketing mix were the basic theory in marketing to drive the desired performance of behavior and marketing objectives to the target market through controlling a number of new combinations of elements. The purpose of this study is to find out what digital marketing strategies are used by SDIT Muhammadiyah Gunung Terang in marketing their educational institutions. This research uses descriptive qualitative research with the type of research is case study. Sources of data were obtained from three informants using data collection techniques through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques with data reduction, data presentation and drawing conclusions. Triangulation of sources and methods as well as peer review were used as a means of testing the validity of the data. From the results of the study it was found that educational institutions use digital marketing strategies as a step to market the products offered by their institutions. These strategies include utilize the market segmentation and marketing mix, market segmentation is used to direct educational institutions to the right target market with data as a means of mapping. The marketing mix is also used to find consumers by utilize the social media such as Instagram, YouTube, Facebook and websites that contain content that introduces their products. Keyword : Digital marketing, Segmentation, Marketing mix

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:07
Last Modified: 13 Dec 2022 09:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item