ANALISIS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

DIAN, UTAMI (2022) ANALISIS BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar merupakan sesuatu keadaan yang terdapat pada diri seseorang individu dimana ada suatu dorongan untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan. Motivasi berpengaruh terhadap pencapaian cita-cita peserta didik yang mungkin telah tertanam sejak peserta didik memiliki cita-cita. Motivasi sangat memegang pengaruh yang penting terhadap peserta didik dalam belajarnya, terdapat faktor yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam belajar yakni kurang minatnya belajar, dan kurangnya kesadaran diri peserta didik akan pentingnya belajar. Dalam rangka mencapai perkembangan diri yang optimal bagi peserta didik perlu adanya bidang pelayanan pendidikan, salah satunya dengan pelayanan bimbingan kalsikal. Bimbingan klasikal merupakan bagian dari pendidikan yang bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan diri dan potensinya secara maksimal. Terdapat adanya pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan diadakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakanan merupakan penelitan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data (data dsplay), dan penarikan kesimpulan atau verifkasi. Serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat tahapan-tahapan pada perencanaan pelaksanaan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yakni dalam perencanaan bimbingan klasikal terdapat identifikasi kebutuhan akan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar, Menetapkan materi bimbingan klasikal sebagai isi layanan, Menetapkan subyek sasaran layanan bimbingan klasikal, Menetapkan narasumber, Menyiapkan prosedur perangkat dan media layanan, Menyiapkan kelengkapan administrasi.Dan tahap pelaksanaan bimbingan klasikal terdapat tahap awal yakni topik netral atau salam pembuka, tahap inti yakni menjelaskan mengenai materi yang akan disampaikan dan tujuan, serta manfaat di dalam pelaksanaan layanan, dan tahap akhir yakni memberikan apresiasi kepada peserta didik atas partisipasi nya pada saat berlangsungnya layanan. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Motivas Belajar iii ABSTRAK Learning motivation is a condition that exists in an individual where there is an urge to do something to achieves goals. Motivation influences the achievement of students’ aspirations which may have been embedded since students have ideals. Motivation holds an important influence on students in their learning, namely the lack of interest in learning, and students’ lack of self awareness of the importance of learning. In order to achieve optimal self development for students, it is necessary to have a field of educational services. One of them is ith classical guidance is part of education that aims to help students develop themselves and their potential to the fullest. There is the implementation of classical guidance in increasing learning motivation in students. The purpose of this study was to analyze and describe the implementation of classical guidance services in increasing the learning motivation of class XI students at SMA Negeri 8 Bandar Lampung. The type of research used is a qualitative research using case study method. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. Furthermore, the data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. As well as data validity techniques using thank you sources. The results obtained in this study are that there are stages in planning the implementation of classical guidance in increasing students' learning motivation, namely in classical guidance planning there is an identification of the need for classical guidance services in increasing learning motivation, Establishing classical guidance materials as service content, Setting subjects the target of classical guidance services, Determine resource persons, Prepare procedures for equipment and service media, Prepare administrative completeness. And the stage of implementing classical guidance there is an initial stage, namely a neutral topic or greeting, the core stage is explaining the material to be delivered and the objectives, as well as the benefits in implementation of services, and the final stage is to give appreciation to students for their participation during the service. Keywords: Classical Guidance, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:41
Last Modified: 12 Dec 2022 08:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item View Item