PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 02 SUNGKAI SELATAN

Anggi, Palupi (2022) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 02 SUNGKAI SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGI PALUPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan disiplin pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sungkai Selatan ini dilatar belakangi oleh sering munculnya permasalahan disiplin belajar pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sungkai Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sungkai Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik di SMP Negeri 2 Sungkai Selatan yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan kedisiplinan belajar. Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri 2 Sungkai Selatan dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self control berpengaruh dalam meningkatkan disiplin belajar pada peserta didik SMP Negeri 2 Sungkai Selatan dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 538 dengan skor rata-rata sebesar 67,25 Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik Self control, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 955 dengan skor rata-rata 119, 3. Hasil uji menggunakan uji wilcoxon didapatkan Zhitung dari sampel yang diambil di kelas VIII sebesar -2.527 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Haditerima Kemudian dilanjutkan dengan melakukan observasi untuk melihat kembali perkembangan peningkatan kedisiplinan belajar pada peserta didik tersebut saat di dalam kelas maupun saat diluar kelasnya yang terlihat sudah menunjukkan perubahan positif sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self control berpengaruh terhadap disiplin belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sungkai Selatan. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Self Control, Kedisiplinan Belajar iii ABSTRACT Research on the influence of group counseling services with self-control techniques in improving student discipline at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan is motivated by the frequent emergence of learning discipline problems in students. Therefore, researchers want to examine how the influence of group counseling services with self�control techniques in improving learning discipline in students at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling services with self-control techniques in improving learning discipline in students at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan. This study uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach in this study is a quantitative approach with a pre-experimental research design, one group pretest-posttest design. This study focuses on the effect of group counseling services with self-control techniques in improving learning discipline in students at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan, totaling 8 students who have learning discipline problems. Based on the results of research at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan, it can be concluded that group counseling services with self�control techniques have an effect on improving learning discipline for students at SMP Negeri 2 Sungkai Selatan and experiencing changes for the better for students. This has been proven by the results of the pretest and posttest that have been carried out before and after service delivery based on data analysis using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 538 with an average score of 67.25 Then after getting group counseling services using the self�control technique, students are given a posttest using the same instrument in the form of a questionnaire and get a score of 955 with an average score of 119, 3. The results of the test using the Wilcoxon test obtained Zcount from the sample taken in class VIII of -2,527, it can be concluded that Hadi Accepted. both in class and outside the classroom, which have shown positive changes, so from this study it can be concluded that group counseling services with self-control techniques affect the learning discipline of class VIII students of SMP Negeri 2 Sungkai Selatan Keywords: group counseling, self control, learning discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:30
Last Modified: 09 Dec 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22024

Actions (login required)

View Item View Item