IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMPAL HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

MEYLINDA, ALFIYAH (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK SMPAL HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi kecil meylinda aliyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan menunda-nunda untuk memulai atau menyelesaikan tugas akademik, keterlambatan daman mengerjakan tugas akademik, dan melakukan pekerjaan lain yang lebih menyenangkan. Sebagian besar peserta didik di SMP Al Huda Jati Agung suka menunda-nunda dalam menyelesaikan pengerjaan tugas, bahkan sampai tidak mengumpulkan pekerjaan tugas. Peserta didik beranggapan bahwa mengerjakan tugas adalah pekerjaan yang membosankan dan melelahkan. Dampak perilaku prokrastinasi adalah banyak waktu yang akan terbuang sia-sia dan tugas menjadi menumpuk dan terbengkalai, menimbulkan rasa takut, cemas, dan khawatir, dan nilai prestasi peserta didik menjadi menurun. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kondisi prokrastinasi akademik pada peserta didik SMP Al Huda Jati Agung Lampung Selatan oleh Guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain studi kasus dengan objek yang diteliti adalah 4 orang peserta didik yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan: 1) gambaran prokrastinasi akademik pada peserta didik di SMP Al Huda Jati Agung Lampung Selatan terbilang sedang, walaupun tidak banyak peserta didik yang melakukan prokrastinasi tetapi perilaku tersebut dilakukan berulang-ulang pada peserta didik yang sama. 2) langkah-langkah dalam memberikan layanan konseling individu oleh Guru Bimbingan dan Konseling kepada peserta didik dengan tahap awal perkenalan dan pendekatan, tahap kerja dengan Guru Bimbingan dan Konseling memberikan beberapa pertanyaan agar peserta didik terbuka dalam menceritakan permasalahannya, untuk dapat meningkatkan motivasi pada peserta didik Guru Bimbingan dan Konseling memberikan hadiah kepada peserta didik agar tidak menunda-nunda pekerjaan tugas yang diberikan oleh Guru, kemudian tahap akhir. Langkah- langkah konseling individu dapat berjalan dengan baik. Dengan diberikannya layanan konseling individu peserta didik menjadi faham dengan fungsi bimbingan dan koneling dan peserta didik memahami dampak perilaku prokrastinasi yang dilakukan. 3) hasil pelaksanaan layanan konseling individu terlihat bahwa terdapat perubahan perilaku kearah yang lebih baik iii setelah mendapatkan layanan dimana peserta didik melakukan usaha�usaha untuk berubah, menjadi ada keinginan untuk segera menyelesaikan tugas serta mengumpulkan tugas, tekun dalam mengikuti pembelajaran sampai jam selesai, dan masuk ke sekolah tepat waktu. Kata Kunci : Layanan Konseling Individu, Prokrastinasi Akademik iv ABSTRACT Academic procrastination is a tendency to procrastinate in starting or completing academic tasks, being late and doing academic tasks, and doing other more enjoyable work. Most students at SMP Al Huda Jati Agung like to procrastinate in completing assignments, even to the point of not collecting assignments. Students assume that doing assignments is a tedious and tiring job. The impact of procrastination behavior is that a lot of time will be wasted and tasks will pile up and be neglected, causing fear, anxiety, and worry, and the achievement value of students will decrease. This study is a qualitative descriptive study that aims to determine the condition of academic procrastination in students of SMP Al Huda Jati Agung South Lampung by guidance and counseling teachers. This research was conducted using a case study design with the object being studied were 4 students who had academic procrastination behavior. Collecting data in this study through the methods of observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research that has been carried out, the conclusions are: 1) the description of academic procrastination in students at SMP Al Huda Jati Agung South Lampung is moderate, although not many students do procrastination but the behavior is carried out repeatedly on the same students. 2) the steps in providing individual counseling services by the Guidance and Counseling Teacher to students with the initial stage of introduction and approach, the working stage with the Guidance and Counseling Teacher giving several questions so that students are open in telling their problems, in order to increase motivation in students The Guidance and Counseling teacher gives gifts to students so as not to procrastinate the work assigned by the teacher, then the final stage. Individual counseling steps can work well. With the provision of individual counseling services, students become familiar with the function of guidance and counseling and students understand the impact of procrastination behavior carried out. 3) the results of the implementation of individual counseling services show that there is a change in behavior towards the better after getting the service where students make efforts to change, there is a desire to immediately complete assignments and collect assignments, be diligent in following learning until the hour is over, and enter school on time. Keywords : Individual Counseling Services, Academic Procrastination

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:44
Last Modified: 07 Dec 2022 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item View Item