PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG

RANI, FATMA DEWI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SOSIAL MEDIA TIKTOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs N 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar peserta didik merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi peserta didik. Dalam motivasi belajar mencakup 3 aspek yaitu : 1) Kemauan yang kuat untuk belajar. 2) jumlah waktu yang disediakan untuk balajar; 3) ketekunan dalam menyelesaikan tugas. 4) lebih senang mengerjakan tugas atau belajar mandiri. 5) ulet menghadapi kesulitan (tidak lekas putus asa), selain itu peserta didik harus memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam proses belajar agar peserta didik mampu dan memiliki Motivasi dalam belajar. Namun pada kenyataannya yang terjadi di MTs N 2 Bandar Lampung kelas VII masih terdapat peserta didik yang memiliki kesiapan belajar rendah. Sehingga perlu adanya upaya untuk menuingkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan layanan bimbingan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan bimbingan belajar dengan sosial media TikTok dapat dilakukan secara efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-Exsperimen dengan menggunakan desain one group pre test post test desain. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengaruh layanan bimbingan belajar dengan sosial media TikTok, serta variabel terikat yaitu motivasi belajar peserta didik, populasi sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII A dan VII B MTs N 2 Bandar Lampung yang berjumlah 60 peserta didik, dengan sampel sebanyak 30 peserta didik disetiap kelas, instrument penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar serta dalam analisis menggunakan beberapa tahap uji yaitu uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas, uji independent (uji T) dan uji Wilcoxon signed rank, dengan menggunakan alat bantu SPSS Version 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan pengaruh layanan bimbingan belajar dengan sosial media TikTok. Dapat dilihat berdasarkan hasil nilai post-test yang dianalisis dan di uji menggunakan pendekatan uji Wilcoxon signed rank. Berdasarkan output data (test statistik), dapat dilihat bahwa nilai z pre test dan posttest kelas eksperimen yang didapat yaitu -0,933 dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0.038 dan yang mana nilai tersebut iii kurang dari < 0,05. nilai z pre test dan posttest kelas kontrol yang didapat yaitu -1.706 dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0.044 dan yang mana nilai tersebut kurang dari < 0,05 sehigga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengambilan keputusan “diterima.”. artinya terdapat perbedaan antara hasil skala motivasi belajar pre test dan post test, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh layanan bimbingan belajar sosial media TikTok terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs N 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : layanan bimbingan belajar, sosial media TikTok, motivasi belajar iv ABSTRACT Learning motivation of students is one of the techniques in developing the ability and willingness to learn. One logical way to motivate students in learning is to relate learning experiences to student motivation. In learning motivation includes 3 aspects, namely: 1) A strong will to learn. 2) the amount of time allotted for study; 3) persistence in completing tasks. 4) prefer to do assignments or study independently. 5) tenacious in facing difficulties (not easily give up), besides that students must have skills and knowledge in the learning process so that students are able and have motivation in learning. But in reality what happened at MTs N 2 Bandar Lampung class VII there were still students who had low learning readiness. So it is necessary to make efforts to increase students' learning motivation by using tutoring services. The purpose of this study is to find out whether tutoring services using TikTok social media can be carried out effectively to increase the learning motivation of class VII students of MTs Negeri 2 Bandar Lampung in the 2022/2023 academic year. The method in this study used a quantitative pre�experimental approach using the one group pre-test post-test design. The variables in this study consisted of independent variables, namely the influence of tutoring services with TikTok social media, and the dependent variable, namely students' learning motivation, the sample population of the study were students in class VII A and VII B MTs N 2 Bandar Lampung, totaling 60 students. with a sample of 30 students in each class, the research instrument used was a learning motivation questionnaire and in the analysis used several test stages namely validity, reliability, normality, homogeneity, independent test (T test) and Wilcoxon signed rank test, using tools SPSS Version 24. The results of this study indicate that there is a significant influence on students' learning motivation by using the influence of tutoring services with social media TikTok. It can be seen based on the results of the post-test scores which were analyzed and tested using the Wilcoxon signed rank test approach. Based on the output data (statistical test), it can be seen that the pre-test and post-test z values obtained for the experimental class were -0.933 with the Asymp.Sig value. (2-tailed) 0.038 and which value is less than < 0.05. the pre-test and post-test z values of the control class were -1.706 with the Asymp.Sig value. (2-tailed) 0.044 and which value is less than <0.05 so that it can be concluded that the decision making is "accepted." meaning that there is a difference between the results of the pre-test and post-test learning motivation scales, so it can be v concluded that "there is an influence of social media tutoring services on the learning motivation of class VII students of MTs N 2 Bandar Lampung. Keywords: tutoring services, TikTok social media, learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:41
Last Modified: 07 Dec 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21982

Actions (login required)

View Item View Item