PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN

INTAN, JUWITA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN HEWAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN JUWITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRACT Biology learning must be able to involve students actively and creatively in learning so as to train students to have the ability to think critically and independently. However, students' critical thinking and independent learning skills at SMAN 1 Bandar Sribhawono are still low. One of the efforts made to improve critical and independent learning abilities is by applying the reciprocal teaching learning model. This research is motivated by the learning of Biology which has been carried out in schools is less effective and interesting. Based on this, this study aims to determine the effect of the Reciprocal Teaching learning model on critical thinking skills and student learning independence on the material structure and function of animal tissues. The type of research used is quantitative research with a quasi�experimental method. The population in this study were all class XI IPA SMAN 1 Bandar Sribhawono in the 2022/2023 academic year. The sample used by this researcher is class XI IPA 2 as the experimental class and class XI IPA 4 as the control class. Based on the results of hypothesis testing using the MANOVA test, the results of critical thinking skills were 0.00 < 0.05 and independent learning attitudes were 0.00 < 0.05. This shows that H0=rejected and H1=accepted. So it can be concluded that there is a significant influence on the Reciprocal Teaching learning model on critical thinking skills and students' independent learning attitudes on the material structure and function of animal tissue. Keywords: Critical Thinking, Independent Learning, Reciprocal Teaching Model iv ABSTRAK Pembelajaran Biologi harus bisa melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran sehingga melatih siswa untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar. Namun, kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa di SMAN 1 Bandar Sribhawono masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar yaitu dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Biologi yang selama ini dilakukan di sekolah kurang efektif dan menarik. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Bandar Sribhawono tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan peneliti ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji MANOVA diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis sebesar 0,00 < 0,05 dan sikap kemandirian belajar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0=ditolak dan H1=diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi jaringan hewan. Kata kunci: Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar, Model Reciprocal Teaching

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:58
Last Modified: 06 Dec 2022 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item View Item