PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK MAN 1 OKU TIMUR

WIWIK, APRILIANTI (2022) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK MAN 1 OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WIWIK APRILIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK MAN 1 OKU TIMUR Oleh WIWIK APRILIANTI 1811080222 Perencanaan karier merupakan suatu proses yang mencakup pilihan dan persiapan diri untuk sebuah karier. Kesuksesan pencapaian karier seseorang dipengaruhi oleh pengambilan keputusan yang matang dan keterampilan perencanaan karier. Seseorang yang memiliki keterampilan perencanaan karier tentu saja mampu memahami dirinya. Oleh karena itu, pengambil keputusan yang tepat, sesuai dengan minat dan bakat dapat membantu peserta didik menentukan perencanaan kariernya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap perencanaan karier peserta didik MAN 1 OKU Timur sebelum dan setelah dilakukan perlakuan (treatment). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequevalent Control Group Design. Pada desain ini menggunakan dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming, sedangkan kelompok kontrol menggunakan bimbingan kelompok. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama-sama diberikan pre-test dan post�test. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X.5 MAN 1 OKU Timur dengan jumlah 36 peserta didik. Sampel pada penelitian ini yang diambil adalah 12 peserta didik, yaitu 6 sebagai kelompok eksperimen, dan 6 lagi sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming, perencanaan karier peserta didik menunjukan kategori rendah dengan nilai rata-rata 28,08. Setelah pemberian bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming perencanaan karier peserta didik mengalami peningkatan. Nilai rata-rata 50,75 dengan kategori 5 peserta didik termasuk kategori sedang, dan 7 peserta didik termasuk kategori tinggi. Perbedaan perencanaan karier peserta didik MAN 1 OKU Timur sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming mengalami peningkatan (28,08 < 50,75). Artinya bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming berpengaruh terhadap perencanaan karier peserta didik MAN 1 OKU Timur. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Brainstorming, Perencanaan Karier. ii ABSTRACT THE EFFECT OF GROUP GUIDANCE WITH RAINSTORMING TECHNIQUESON STUDENT CAREER PLANNING MAN 1 OKU EAST By WIWIK APRILIANTI 181100222 Career planning is a process that includes choice and preparation for a career. The success of one's career achievement is influenced by mature decision-making and career planning skills. Someone who has career planning skills is certainly able to understand himself. Therefore, the right decision makers, according to their interests and talents can help students determine their career planning. The purpose of this study was to determine the effect of group guidance with brainstorming techniques on career planning of students at MAN 1 OKU Timur before and after treatment. This research method uses a quantitative approach using a quasi-experimental type of research. The research design used in this study is the Nonequevalent Control Group Design. In this design, two groups were used, namely, the experimental group and the control group. The experimental group was given treatment using group guidance with brainstorming techniques, while the control group used group guidance. The experimental group and the control group were both given pre-test and post-test. The population of this study were students of class X.5 MAN 1 OKU Timur with a total of 36 students. The sample in this study were 12 students, namely 6 as the experimental group, and 6 as the control group. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique. Based on the research results obtained before being given group guidance with brainstorming techniques, students' career planning shows the low category with an average value of 28.08. After giving group guidance with brainstorming techniques, students' career planning has increased. The average value is 50.75 with 5 students in the medium category, and 7 students in the high category. Differences in career planning of students of MAN 1 OKU Timur before and after being given group guidance with brainstorming techniques increased (28.08 < 50.75). This means that group guidance with brainstorming techniques has an effect on career planning for East MAN 1 OKU students. Keywords: Group Guidance, Brainstorming Techniques, Career Planning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:07
Last Modified: 06 Dec 2022 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21956

Actions (login required)

View Item View Item