STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMP 17 1 PAGELARAN

Nurdianto, Tri (2017) STUDI TENTANG PEMBINAAN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMP 17 1 PAGELARAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ABSTRAK-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (138kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (12kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA-TESIS_TRI_NURDIANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (31kB) | Preview

Abstract

Tesis ini mengkaji upaya yang dilakukan pembina ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP 17 1 Pagelaran. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini meliputi berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dilaksanakan di, upaya yang dilakukan di SMP 17 1 Pagelaran oleh pembina kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam membina akhlak mulia peserta didik di SMPN 17 Pagelaran dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler PAI di SMP 17 1 Pagelaran . Untuk membahas permasalahan yang diajukan tersebut, dilakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yang diperoleh yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, pembina kegiatan ekstrakurikuler PAI, Kepala Tata Usaha dan peserta didik. Data yang dikumpulkan kemudian diolah melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Untuk mengkaji permasalahan dalam tesis ini, digunakan pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 10 bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dikembangkan di SMP 17 1 Pagelaran dan semuanya mengarah pada upaya pembinaan akhlak peserta didik. Adapun upaya yang dilakukan pembina kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan peserta didik meliputi upaya menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama, menanamkan etika pergaulan baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah serta menanamkan kebiasaan yang baik berupa kedisiplinan, tanggungjawab, melakukan hubungan sosial dan melaksanakan ibadah ritual. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Berbagai bentuk kegiatan ekstrakurikuler PAI yang telah dikembangkan di SMP 17 1 Pagelaran hendaklah dipertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak bagi peserta didik. 2) Upaya maksimal yang telah dilakukan pembina ekstrakurikuler PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia guna pembinaan yang berkelanjutan. 3) Dukungan orang tua dalam bentuk partisipasi aktif pada setiap kegiatan ekstrakurikuler PAI hendaklah sejalan dengan program pembinaan yang dilakukan pembina, terutama keteladanan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 Nov 2017 08:07
Last Modified: 15 Nov 2017 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item