DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI DI SEKTOR PARIWISATA BAGI MASYARAKAT DAN DAERAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Agrowisata Tanjung Sakti Kabupaten Lahat Sumatera Selatan)

Alan, Kevendo Fajri (2022) DAMPAK PEMBANGUNAN EKONOMI DI SEKTOR PARIWISATA BAGI MASYARAKAT DAN DAERAH MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Agrowisata Tanjung Sakti Kabupaten Lahat Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ALAN KEVENDO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak dari pembangunan ekonomi pada sektor pariwisata tentunya tidak hanya dari segi positif namun terdapat pula dampak negatif yang baik secara langsung atau tidak dan jangka pendek ataupun panjang yang belum disadari masyarakat dan daerah. Hal ini yang membuat peneliti bertujuan untuk melakukan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi terhadap 3 warga dan 4 orang pedagang di lokasi penelitian yaitu desa Sindang Panjang, Kec. Tanjung Sakti PUMI, Lahat. Data diambil berdasarkan pedoman wawancara yang telah disiapkan oleh peneliti. Kemudian data yang didapatkan dianalisis secara tematik dan disajikan dalam sebuah bagan alur dan dideskripsikan dalam paragraf. Hasil dari penelitian ini terdapat dampak yang dirasakan oleh warga, tidak hanya dampak positif namun juga dapak negative. Dampak positif antara lain mejunya perekonomian warga sekitar, menciptakan rasa bangga atas nama daerah yang menjadi terkenal. Sedangkan dampak negatifnya merupakan pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan akibat dibukanya lahan menjadi tempat wisata. Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat dampak negative yang ditimbulkan akibat pembangunan ekonomi pada sektor pariwisata khususnya di Agrowisata Tanjung Sakti. Saran peneliti agar dalam pembangunan perekonomian di sektor pariwisata memperhatikan tidak hanya pada memajukan ekonomi namun dapat ditinjau lebih matang dari pandangan ekonomi islam. Selain itu perencanaan yang matang untuk menghindari dampak negatif yang tidak hanya dari segi ekonomi namun bagi lingkungan juga perlu dipikirkan. Kata Kunci : Pemangunan Ekonomi, Sektor Pariwisata, Ekonomi Islam, Dampak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:24
Last Modified: 06 Dec 2022 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21925

Actions (login required)

View Item View Item