PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (PERIODE 2011-2019)

Ade, Hermawan (2022) PENGARUH INFLASI, NILAI TUKAR, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP INVESTASI ASING LANGSUNG DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (PERIODE 2011-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADE HERMAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dengan segala problematika keterbatasan sumber pendanaan yang dialami disiasati dengan penanaman modal baik dalam maupun luar negeri untuk menutup keterbatasan pembiayaan dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan tiga variable independen yaitu Inflasi (X1), Nilai Tukar (X2), Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Asing Langsung sebagai variabel dependen (Y). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah inflasi, nilai tukar, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap investasi asing langsung di Indonesia secara parsial. (2) Apakah pengaruh inflasi, nilai tukar, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap investasi asing langsung di Indonesia secara simultan. (3) Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap investasi asing langsung di Indonesia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan library research. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan data dari publikasi Badan Pusat statistik (BPS) kementerian keuangan, Bank Indonesia (BI), world bank, dan kementerian penanaman modal. Untuk pengolahan data menggunakan SPSS 21 for window. Dalam penelitian ini metode analisis menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel independen atau variabel bebas Inflasi tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Investasi asing di Indonesia tahun 2011- 2019. Kemudian Nilai tukar tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Investasi asing di Indonesia tahun 2011-2019. Sedangkan Pertumbuhan Ekonomi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Investasi asing di Indonesia tahun 2011-2019. Inflasi nilai tukar dan pertumbuhan ekonomi secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap investasi asing langsung di Indonesia tahun 2011-2019. Menurut perspektif ekonomi islam, islam sangat menganjurkan investasi begitu pula dengan investasi asing tetapi tidak dalam semua bidang. Islam menyarankan agar menginvestasikan sebagian harta yang berlebih agar tidak terjadi kebekuan harta, yang seharuskan harta tersebut dapat memberi manfaat dan menolong orang lain, serta menggerakan pereknomian. Kata Kunci : Inflasi, Investasi, Nilai Tukar, Pertumbuhan Ekonomi, Prespektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2022 03:28
Last Modified: 30 Nov 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21858

Actions (login required)

View Item View Item