FUNGSI PENGAWASAN DALAM TAHFIDZ QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUL QODIRI LAMPUNG TENGAH

EVA, LESTARI (2022) FUNGSI PENGAWASAN DALAM TAHFIDZ QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUL QODIRI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB 1-5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1-2-5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK 3 Pesantren tahfidz Al-Qur’an merupakan bentuk lembaga keagamaan yang mempunyai karakteristik mengkhususkan pembelajarannya lebih banyak menghafal Al-Qur’an dibanding pembelajaran kitab kuning. Pondok Pesantren Nurul Qodiri merupakan salah satu lembaga dakwah yang berorientasi dalam pendidikan Al-Qur’an yang berada di desa Lempuyang Bandar Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana fungsi pengawasan dalam tahfidz Qur’an dipondok pesantren nurul qodiri Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pengawasan dalam tahfidz Qur’an di pondok pesantren nurul qodiri Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini berfokus pada fenomena-fenomena yang terjadi secara langsung. Sifat penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun temuan-temuan dalam penelitian di pondok pesantren nurul qodiri lampung tengah pada pelaksanaan pengawasan dalam kegiatan tahfidz Qur’an dilihat dari kegiatan pengawasan yang dilakukan terdapat dalam metode dan tahap-tahap atau proses pengawasan dapat dikatakan belum berjalan secara maksimal, karena kurangnya pengurus yang ditugaskan dan terlibat langsung pada kegiatan serta tidak adanya ketentuan secara tegas dari pengurus dan pondok untuk santri harus menghafal berapa banyak dan berapa lama. Kata kunci : Pondok Pesantren dan Tahfidz Qur’an 4 ABSTRACT Tahfidz Al-Qur'an Islamic Boarding School is a form of religious institution that has the characteristics of specializing in learning more to memorize the Qur'an than learning the yellow book. The Nurul Qodiri Islamic Boarding School is one of the da'wah institutions oriented in Al-Qur'an education located in Lempuyang Bandar village, Way Pengubuan District, Central Lampung Regency. The formulation of the problem in this study is how the supervisory function in tahfidz Qur'an in Nurul Qodiri Islamic boarding school, Central Lampung. This study aims to determine the supervisory function in tahfidz Qur'an in Nurul Qodiri Islamic Boarding School, Central Lampung. This type of research is a field research that uses a qualitative approach where this research focuses on phenomena that occur directly. The nature of this research is descriptive research. Sources of data from this study are primary data and secondary data, the data collection methods used in this study are interviews, observation and documentation. The findings in the research at the Nurul Qodiri Islamic Boarding School, Central Lampung on the implementation of supervision in the activities of tahfidz Qur'an seen from the supervision activities carried out are contained in the methods and stages or the supervision process can be said to have not run optimally, due to the lack of assigned administrators. and being directly involved in activities and the absence of strict provisions from administrators and boarding schools for students to memorize how much and for how long. Keywords: Islamic Boarding School and Tahfidz Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:22
Last Modified: 29 Nov 2022 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21843

Actions (login required)

View Item View Item