GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTAAGUNG

ROLINA, QORIAH (2022) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTAAGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ROLINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

BSTRAK Kepala sekolah dalam satuan pendidikan merupakan pemimpin yang menentukan maju mundurnya lembaga tersebut maksudnya kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin dalam menggerakan kehidupan sekolah demi untuk meraih tujuan. Dalam melaksanakan tugasnya kepala sekolah memiliki strategi dan tata cara yang berbeda beda sesuai dengan karakternya dengan demikian setiap kepala sekolah mempunyai gaya kepemimpinan yang diterapkan. Terjamin nya mutu pendidikan disekolah, kinerja guru dalam mendidik, pendekatan antara guru dan kepala sekolah, prestasi yang ditorehkan sekolah adalah tujuan luhur dari sekolah itu sendiri dengan demikian kepala sekolah wajib memiliki gagasan gagasan demi meraih tujuan tersebut, baik kepala sekolah dan guru mampu mempunyai ide gagasan pokok yang searah karena tujuan luhur tersebut tidak akan terlaksana hanya dengan kemampuan kepala sekolah itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, alasan peneliti memilih desain penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan pembinaan serta menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Berdasarkan hasil temuan di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Sekolah yaitu gaya kepemimpinan demokratis. Dari indikator indikator dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan sekolah berpengaruh meningkatkan kinerja, kedisiplinan, tanggung jawab mengajar, kekompakan, kekeluargaan berjalan dengan baik. Peningkatan kinerja kepada para guru dapat dirasakan dan terlihat hal ini merupakan bentuk penerapan gaya kepemimpinan demokratis oleh kepala sekolah, dari hasil wawancara dan dokumentasi kinerja guru dalam kedisplinan kerja, kehadiran, mutu pelajaran, kualitas pembelajaran, tanggung jawab, kebersamaan antara kepala sekolah guru dan warga sekolah, semangat belajar anak didik dan prestasi yang ditorehkan anak didik antar sekolah dapat tercapai dan terlaksana merupakan penerapan gaya kepemimpinan demokratis. (2) Implikasi dari gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung berdampak positif bagi kinerja guru. Implikasi yang ditunjukkan dari gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik menunjukkan adanya perubahan yang positif bagi tenaga pendidik baik dari sistem pembelajaran di dalam kelas maupun penataan iklim kelas yang kondusif pada saat berlangsungya kegiatan belajar mengajar, kepala sekolah memberikan motivasi kepada guru yang sangat berpengaruh bagi kinerja guru serta pemberian reward sertifat, piagam dan tambahan honorarium kepada guru yang berprestasi sangat berpengaruh bagi kinerja tenaga pendidik. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru iii ABSTRACT The principal in the education unit is the leader who determines the progress of the institution, meaning that the principal has a role as a leader in driving school life in order to achieve goals. In carrying out their duties the principal has different strategies and procedures according to his character, so that each principal has a leadership style that is applied. The quality of education in schools is guaranteed, the teacher's performance in educating, the approach between the teacher and the principal, the achievements made by the school are the noble goals of the school itself, thus the principal must have ideas to achieve these goals, both principals and teachers are able to have ideas. main ideas that are in the same direction because these lofty goals will not be carried out only by the ability of the principal himself. The research method used in this study is a descriptive qualitative approach, the reason the researcher chose a qualitative descriptive research design is because the researcher wanted to describe the conditions to be observed in the field in a more specific, transparent and in-depth way. In this study the data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The interview method was used to gather information about the principal's leadership style in an effort to improve teacher performance at SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung, while observation and documentation were used to find out coaching activities and collect data about school facilities and infrastructure. Data analysis used data reduction, data presentation and drawing conclusions. . The results of the study show that (1) Based on the findings at SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung that the leadership style used by the Principal is a democratic leadership style. From the indicators it can be concluded that school leadership style has an effect on improving performance, discipline, teaching responsibility, cohesiveness, and kinship going well. Improved performance for teachers can be felt and seen. This is a form of applying a democratic leadership style by the principal, from the results of interviews and documentation of teacher performance in work discipline, attendance, quality of lessons, quality of learning, responsibility, togetherness between the principal, teachers and residents. schools, the enthusiasm for learning of students and the achievements made by students between schools can be achieved and carried out through the application of a democratic leadership style. (2) The implications of the principal's leadership style on teacher performance at SMA Muhammadiyah 1 Kotaagung have a positive impact on teacher performance. The implications shown from the leadership style in improving the performance of teaching staff show positive changes for educators both from the learning system in the classroom and structuring a conducive classroom climate during teaching and learning activities, the principal provides motivation to teachers which is very influential for performance teachers as well as awarding certificates, charters and additional honorariums to outstanding teachers greatly affect the performance of teaching staff. Keywords: Leadership Style, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:21
Last Modified: 29 Nov 2022 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item