PENGARUH PENDAMPINGAN LITERASI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA BUKU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020

NANIK, NUR LAILIYAH (2022) PENGARUH PENDAMPINGAN LITERASI BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PENINGKATAN MINAT MEMBACA BUKU PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NANIK NUR LAILIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah tentang minat membaca buku, dalam hal ini yaitu meningkatkan minat membaca buku peserta didik di kelas VII di SMPS Negeri 1 Punggur. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya pendampingan oleh guru bimbingan konseling untuk meningkatkan kesadaran diri dari peserta didik mengenai pentingnya membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh dari upaya pendampingan guru Bimbingan dan Konseling terhadap peningkatan minat membaca buku pada peserta didik di SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu untuk mengetahui upaya pendampingan yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling dalam peningkatan minat membaca buku peserta didik di SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 10 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Punggur yang memiliki minat membaca buku yang rendah. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, angket, dan juga dokumentasi. Adapun hasil analisis data yang membandingkan hasil pre-test analisis data deskriptif menyatakan bahwa mean pretest 57.10 dan mean posttest 3.993 sehingga dinyatakan mengalami peningkatan. Selain itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan diperoleh harga z hitung = -2.803 kemudian dibandingkan dengan t tabel = 1.96 dengan ketentuan harga z hitung lebih besar dari z tabel ( -2.803 ≥ 1.96), maka Ha diterima. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor minat membaca buku sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok Berpengaruh Dalam Meningkatkan Minat Membaca Buku Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:43
Last Modified: 28 Nov 2022 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21813

Actions (login required)

View Item View Item