PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2019)

BUSTOMI, Tamrin (2022) PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BUSTOMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal merupakan salah satu sumber modal bagi perusahaan dimana menjadi sarana antara pemilik modal (investor) dengan peminjam dana (emiten). Investasi di pasar modal saham merupakan investasi dengan risiko relatif tinggi. Tujuan utama investor berinvestasi adalah memperoleh keuntungan (return). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh laba akuntansi dan arus kas operasisecara parsial dan simultan terhadap return saham. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi dan arus kas operasisecara parsial dan simultan terhadap return saham. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berasal dari laporan keuangan tahunan (annual report) periode 2017 hingga 2019 di Jakarta Islamic Index. Teknik pengambilan sampel ialah purposive sampling sehingga terdapat 16 perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil uji dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Variabel laba akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Ini berarti tinggi rendahnya suatu laba pada sebuah perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap return saham. Hal ini sebab investor menganggap laba tinggi yang diperoleh perusahaan belum tentu akan memberikan return saham yang tinggi pula, sehingga laba akuntansi tidak menjadi sinyal yang baik dalam memprediksi return. Variabel arus kas operasitidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hal tersebut dikarenakan jumlah arus kas dari kegiatan operasi yang memberikan hasil berupa arus kas yang cukup untuk pelunasan pinjaman, pemeliharaan kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen maupun melakukan suatu investasi baru tidak dilihat oleh investor dalam pengambilan keputusan terkait investasinya. Sehingga terjadinya perubahan pada arus kas yang memiliki sinyal positif tersebut tidak tertangkap oleh investor. Pada uji simultan variabel laba akuntansi dan arus kas operasi juga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Perusahaan dalam memperoleh return diperbolehkan apabila sesuai dengan konsep keuntungan dalam iii ekonomi Islam yang terdapat pada Al-Qur’an yaitu mencari return saham dari aktivitas investasi sesuai dengan syariat. Kata Kunci : Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Return Saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:40
Last Modified: 24 Nov 2022 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item