Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Bandar Lampung

UNIK, AMBARWATI (2022) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Unik Ambarwati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi guru merupakan kemampuan berbahasa dengan baik, tinggi rendahnya volume suara yang dimiliki guru, penampilan guru dan penguasaan guru akan bahan yang akan di ajarkan mempunyai pengaruh yang positif terhadap keberhasilan pembelajaran yang mempengaruhi prestasi belajar mereka. Namun di sisi lain, kemampuan komunikasi guru yang baik tersebut tidak berjalan parallel dengan bagusnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak. Hal tersebut terlihat dari gejala-gejala seperti masih ada siswa yang tidak memperhatikan guru dengan baik sewaktu guru menerangkan pelajaran Akidah Akhlak, banyak siswa yang masih sulit mengerti dan paham dari soal-soal yang telah diberikan oleh guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak, banyak siswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan waktu diadakan revew ulang materi terdahulu pada awal pembelajaran oleh guru, dan masih banyak siswa yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa kelas XI MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di MA Al-Himah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahuin hubungan antara dua variabel atau lebih. Subjek dari penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil data yang di peroleh dapat diketahui bahwa berdasarkan hasil dari perhitungan uji hipotesis sebagai berikut: dimana = 0,907 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 5% dan lebih dan lebih besar pada taraf signifikan 1% ditulis: 0,907>0,345 (1%), 0,250 (5%) dengan demikian diterima dan ditolak, dapat disimpulkan kemampuan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akidah akhlak siswa kela XI MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:17
Last Modified: 21 Nov 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21756

Actions (login required)

View Item View Item