PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NASHIHUDDIN BANDAR LAMPUNG

BRYLIVANS, Mesban (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NASHIHUDDIN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL BRYLIVANS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya pedagogis untuk mentransfer sejumlah nilai yang dianut oleh masyarakat suatu bangsa kepada sejumlah subjek didik melalui proses pembeljaran. Model pembelajaran ARIAS merupakan modifikasi dari model ARCS (Attention, Relevance, Convidence, Satisfaction) yang dikembangkan oleh Keller dan Kopp sebagai upaya meracang pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi dan hasil belajar. Jadi Model pembelajaran ARIAS adalah usaha pertama dalam kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa yakin/ percaya pada siswa. Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa, berusaha menarik dan memelihara minat/ perhatian siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif ini sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa angka dan bilangan. Pendekatan kuantitatif merupakan suatu pendekatan yang memandang kenyataan (realitas) sebagai suatu yang berdemensi tunggal, fragmental, dan tetap (fixed) peneliti dan objek yang diteliti terpisah. Jenis penelitian yang digunaakan adalah metode kuantitatif “pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas X di SMK Nashihuddin Bandar Lampung” yaitu penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat yang ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi, mengurangi atau menyisihkan faktor- faktor lain yang mengganggu. Dari penelitian kuantitatif ini, peneliti dapat mengambil kesimpulan Berdasarkan hasil analisis penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran PAI di SMK Nashihuddin Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Pendidikan, ARIAS, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:46
Last Modified: 21 Nov 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21748

Actions (login required)

View Item View Item