PENGARUH MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP N 14 BANDAR LAMPUNG

SILVIA, ANGGRE SAGITA (2022) PENGARUH MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP N 14 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SILVIA ANGGRE SAGITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya media buku yang tersedia menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Apalagi dalam materi yang banyak pokok pembahasanya. Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang hanya 3 (tiga) jam pelajaran dalam satu minggu pun kurang memenuhi kebutuhan materi belajar Pendidikan Agama Islam. Waktu belajar yang sedikit dikelas menjadi sedikit hambatan dalam pembelajaran. Telpon genggam yang tidak lepas dalam kegiatan siswa pun menjadikan salah satu penyebab kekurang puasan mereka terhadap hasil belajar mereka. Akhirnya membuat mereka menjadi bertambah pusing dengan materi yang tidak sesuai dengan yang mereka cari. Dengan adanya edmodo, siswa dan guru dapat menggunakan telpon genggamnya dengan baik dan benar dalam pembelajaran. Materi yang diberikanpun dapat disimpan dalam edmodo ini sehingga siswa dapat membukanya kapanpun dan dimanapun. Pemberian materi dari guru yang langsung diterima oleh masing-masing siswa membuat siswa menjadi lebih fokus dalam memahami materi Pendidikan Agama Islam yang diberikan oleh guru. Media Edmodo adalah sebuah jejaring sosial yang mirip dengan Facebook namun berbasis pendidikan dengan banyak kegunaan seperti untuk berbagi konten, pemberian tugas, diskusi virtual, dan juga melaksanakan ulangan online. Edmodo mempermudah komunikasi antara guru dan juga siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Desain ini dilakukan dengan memberikan dua perlakuan berbeda terhadap dua kelompok siswa dimana kelompok tersebut adalah kelompok eksperimen (yang mendapat perlakuan) dan kelompok kontrol (yang tidak mendapat perlakuan) yang dibagi oleh peneliti. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII di SMPN 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 384 peserta didik dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan VIII B dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh media Edmodo terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VIII dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Adapun hasil penelitan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (82,61 > 79,71), selain itu juga dilihat dari perhitungan Uji-T menggunakan aplikasi SPSS Statistic V 16 For Windows diperoleh nilai Sig. < 0,05 (5%). Pada Sig. (2- tailed) diperoleh 0,000 maka terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil yang diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh media Edmodo terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP N 14 Bandar Lampung. Kata Kunci : Media Edmodo dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Nov 2022 07:50
Last Modified: 18 Nov 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21744

Actions (login required)

View Item View Item