PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE CEOFFICIENT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2015-2020

Indri, Yanti (2022) PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP EARNINGS RESPONSE CEOFFICIENT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2015-2020. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT  BAB 1 DAN 5_compressed.pdf] PDF
Download (725kB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL INDRI YANTI_compressed.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Earnings Response Coefficient (ERC) merupakan bentuk pengukuran kandungan informasi dalam laba yang dipublikasikan. Laporan keuangan sebagai rujukan utama bagi para investor terutama informasi laba, namun informasi yang disajikan belum tentu sepenuhnya menggambarkan kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Karena ERC mencerminkan reaksi terhadap pendapatan yang dipublikasikan perusahaan, ERC menentukan seberapa kuat reaksi terhadap informasi atau kabar baik/buruk terkandung dalam laba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Islamic social reporting, leverage dan likuiditas terhadap earnings response coefficient. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah islamic social reporting, leverage dan likuiditas berpengaruh terhadap earning response coefficient. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder dari tahun 2015-2020 yang diperoleh dari situs resmi BEI dan Yahoo Finance. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi dan studi Pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 30 perusahaan manufaktur. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan software E-views versi 12. Hasil penelitian ini yaitu islamic social reporting, leverage, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap earnings response coefficient. Hal ini dikarenakan standar akuntansi keuangan belum mewajibkan bagi perusahaan untuk mengungkapkan islamic social reporting, perusahaan yang memiliki hutang yang tinggi bisa saja dikarenakan perusahaan sedang bertumbuh dan perusahaan mampu melunasi utang jangka pendek yang dimiliki dan menjalankan operasi perusahaan untuk menghasilkan laba tanpa harus takut terjadinya likuidasi. Kata Kunci : Islamic Social Reporting, Leverage, Likuiditas, Earnings Response Coefficient iii ABSTRACT Earnings Response Coefficient (ERC) is a form of measuring the information content in published earnings. Financial statements are the main reference for investors, especially profit information, but the information presented does not necessarily fully describe the actual performance of the company. Because ERC reflects reactions to a company's published earnings, it determines how strong the reaction to good/bad information or news is in earnings. The formulation of the problem in this study is how the influence of Islamic social reporting, leverage and liquidity on the earnings response coefficient. The purpose of this study is to determine whether Islamic social reporting, leverage and liquidity affect the earning response coefficient. This study is a quantitative study using secondary data types from 2015-2020 obtained from the IDX official website and Yahoo Finance. Data collection techniques used are documentation and library studies. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 30 manufacturing companies. The data analysis used is panel data regression analysis with E-views software version 12. The results of this study are Islamic social reporting, leverage, and liquidity have no effect on the earnings response coefficient. This is because financial accounting standards do not require companies to disclose Islamic social reporting, companies that have high debt may be because the company is growing and the company is able to pay off its short-term debt and run the company's operations to generate profits without having to fear liquidation. Keywords: Islamic Social Reporting, Leverage, Liquidity, Earnings Response Coefficient

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:51
Last Modified: 15 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21707

Actions (login required)

View Item View Item