EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs GUPPI NATAR

RIYANA, Sahari (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs GUPPI NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (614kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dengan memanfaatkan sarana yang tersedia untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Jadi, Pembelajaran dapat terwujud dengan baik apabila ada interaksi antara guru dan siswa, sesama siswa atau dengan sumber belajar lainnya. Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target kuantitas maupun kualitas yang telah tercapai . Dalam proses pendidikan di MTs Guppi Natar memuat berbagai kegiatan dengan baik yang dilaksanakan di dalam kelas maupun dengan berbagai macam metode, seperti metode ceramah, bercerita, diskusi, dan metode tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penunjang efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Guppi Natar, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reducation (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Guppi Natar sudah efektiv. Hal ini dibuktikan dengan proses pembelajaran berjalan dengan baik, dan peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru Pendidikan Agama Islam. Adapun faktor pendukung pelaksanaan pembalajaran pendidikan agama islam : 1). Keinginan peserta didik yang tinggi setiap materi yang disampaikan oleh guru 2). Guru pendidikan agama islam yang berkompeten dibidangnya 3). Sarana dan prasarana yang memadai 4). Metode pembelajaran yang bervariasi 5).Selalu memberikan evaluasi pemberian ulangan. Hal ini meningkatkan proses pembelajaran PAI di MTs Guppi Natar. Kata Kunci : Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:35
Last Modified: 11 Nov 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21687

Actions (login required)

View Item View Item