PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DI SMA NEGERI 1 TALANGPADANG TANGGAMUS

DIANA, ZELLA AULYA (2022) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DI SMA NEGERI 1 TALANGPADANG TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIANA ZELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan sekolah peserta didik tentunya hal penting yang harus terwujud di sekolah. Sebab, kedisiplinan sekolah peserta didik sangat bermanfaat untuk kemajuan sekolah. Sekolah yang mempunyai peserta didik yang disiplin, maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika sekolah mempunyai peserta didik yang kurang disiplin, maka proses pembelajaran tentu saja tidak berjalan dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Dengan Teknik Behavioral Contract Kelas XI di SMA Negeri 1 Talangpadang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 1 Talangpadang Tanggamus. Sampel sumber data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi instrumen adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwasannya upaya guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan sekolah peserta didik yaitu dengan menggunakan teknik behavioral contract. Program teknik behavioral contract ini disusun secara sistematis dan terencana. Pelaksanaan layanan konseling individu dalam meningkatkan kedisiplinan sekolah peserta didik melalui tiga tahapan, yaitu tahap awal, tahap inti dan tahap akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Dari proses pelaksanaan layanan konseling individu yang dilakukan oleh guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan sekolah peserta didik, ketiga peserta didik berinisial AP, AR dan BR mengalami perubahan yang lebih baik, artinya ketiga peserta didik tersebut sudah memiliki perilaku berdisiplin sekolah kembali. Kata Kunci: Kedisiplinan Peserta Didik Dengan Teknik Behavioral Contract

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:08
Last Modified: 10 Nov 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item