PEMBELAJARAN CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN NIRMALA BANDAR LAMPUNG

SALSABILLA, ADELIA (2022) PEMBELAJARAN CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN NIRMALA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1-2, DAPUS.pdf] PDF
Download (18MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SALSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran calistung pada anak usia dini di Kelompok Bermain Nirmala Bandar Lampung yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 2 guru dan 1 5 peserta didik dikelas B sedangkan objek penelitian ini terdiri dari masalah yang diteliti yaitu pembelajaran calistung yang tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran anak usia dini yaitu belajar sambil bermain dan beberapa metode yang belum diterapkan pendidik dalam mengembangkan kemampuan calistung anak. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tekhink analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat peneliti simpulkan bahwa dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan calistung anak usia 5-6 telah di terapkan, diantaranya ialah: mengenalkan membaca dan menulis menggunakan metode ejaan, metode suku kata, metode kata lembaga, metode global(kalimat), mengenalkan berhitung menggunakan metode bermain, metode bercerita, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode proyek. Pada pengamatan ini menghasilkan beberapa objek diantaranya: a) pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak, b) menggunakan metode yang dapat mengembangkan kemampuan anak, c) pembelajaran calistung yang dilakukan menggunakan media pembelajaran yang menarik minat anak dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, sebaiknya guru dapat lebih kreatif dalam mempersiapkan alat/media dan pemilihan metode yang tepat agar anak tidak merasa bosan saat bermain dan anak dapat merasakan langsung kegiatan bealajar yang dilaksanakan. Kata Kunci: calistung dan metode pembelajaran iii ABSTRACT This study aims to find out how calistung learning in early childhood in the Nirmala Bandar Lampung Playgroup is descriptive qualitative with research subjects, namely 2 teachers and 15 students in class B, while the object of this research consists of the problems studied, namely calistung learning that is not in accordance with characteristics of early childhood learning, namely learning while playing and several methods that have not been applied by educators in developing children's calistung abilities. The data collection tools used are: observation, interview, and documentation methods with data reduction analysis techniques, data presentation and draw conclusions. Based on the results of this study, the researcher can conclude that learning to develop calistung abilities for children aged 5-6 has been applied, including: introducing reading and writing using the spelling method, syllable method, word institution method, global method (sentence), introducing counting using the play method, the storytelling method, the demonstration method, the assignment method, and the project method. This observation resulted in several objects including: a) learning according to the characteristics of children, b) using methods that can develop children's abilities, c) calistung learning carried out using learning media that attract children's interest in participating in learning. Therefore, teachers should be more creative in preparing tools/media and choosing the right method so that children do not feel bored while playing and children can feel directly the learning activities carried out. Keywords: calistung and learning methods

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:47
Last Modified: 10 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21670

Actions (login required)

View Item View Item