ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

IRMALIA, APRINA (2022) ANALISIS NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (331kB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK IRMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kurangnya kesadaran akan pentingnya nilai multikultural dalam kehidupan. Hal ini ditunjukan dari banyaknya konflik yang terjadi sampai terjadi dan kurangnya nilai toleransi antara sesama. Masalah yang lazim terjadi antaranya, problem kesetaraan gender, problem kesetaraan ras, problem ideologi dan politik, maupun problem kesenjangan sosial dan ekonomi. Selain permasalahan tersebut juga terdapat rendahnya nilai multikulturalsme dalam dunia pendidikan seperti kurangnya pengenalan budaya lokal pada peserta didik. Berdasarkan kasus-kasus tersebut suatu keharusan bagi kita untuk mengupayakan cara pemecahan masalah dengan semua pihak yang bertanggung jawab terutama dalam lembaga pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengangkat permasalahan Apa saja nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik siswa kelas VI semester 1 penerbit Kemendikbud dan Bagaimana kelengkapan nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik siswa kelas VI semester 1 penerbit Kemendikbud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja muatan nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik siswa kelas VI semester 1 penerbit Kemendikbud. Untuk mengetahui bagaimana kelengkapan nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik siswa kelas VI semester 1 penerbit Kemendikbud. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya ketersediaan nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik siswa kelas VI semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian ini termasuk ke dalam litere atau library reseach yaitu, kajian literatur dilakukan dengan riset kepustakaan. Pengumpulan data dalam penelitian yaitu studi dokumentasi dengan memperoleh berupa kalimat yang memiliki muatan nilai-nilai multikultural yang muncul. Teknik analisis data yakni: Analisis isi berupa symbol coding yaitu mencatat lambang atau pesan secara otomatis selanjutnya diberi interpretasi. Pengecek keabsahan temuan dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai multikultural yang di kembangkan dalam buku pembelajaran Tematik Sekolah Dasar iv Kelas VI semester 1 menyangkut 10 nilai yaitu Nilai Toleansi, Nilai Keberagaman, Nilai Kebersamaan, Nilai Keadilan, Nilai Religius, Nilai Kesetaraan dan Demokrasi, Nilai Inklusif, Nilai Tolong Menolong, Nilai Silaturahmi, serta Nilai Kerukunan dan Harmoni. Kelengkapan nilai-nilai multikultural dalam buku pembelajaran tematik di sekolah dasar kelas VI semester 1 sudah lengkap. Dalam setiap tema sudah terdapat berbagai nilai multikultural di dalamnya. Kata Kunci : Nilai-Nilai Multikultural, Buku Teks Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:29
Last Modified: 07 Nov 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item