UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMAN 1 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Eka, Mardayanti (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN SIKAP POSITIF PADA PESERTA DIDIK KELAS 10 DI SMAN 1 PADANG CERMIN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL EKA MARDAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Eka Mardayanti Setiap proses pembelajaran terdapat banyak permasalahan yang ditemukan tidak terkecuali dengen permasalahan sikap siswa yang beraneka ragam. Dari beberapa sikap yang ditunjukkan oleh siswa, pada kenyataannya terdapat juga sikap sikap negatif atau sikap tidak positif. Sikap tidak positif yang dilakukan oleh peserta memberikan dampak yang kurang baik bagi diri sendiri dan lingkungan sekolah. Salah satu dampak sikap tidak positif dilingkungan sekolah adalah kurangnya kenyamanan belajar. Hasil pra penelitian ditemukan bebrapa peserta didik yang melakukan sikap tidak positif diantaranya berbohong kepada orangtua, menyontek, tidak piket, tidak membuang sampah pada tempatnya, membully teman, tidak menyapa guru dan teman, berpacaran diluar batasan, malu malu ketika persentasi dan foto bersama. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Sikap Positif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Mengetahui Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Melalui Bimbingan Individu Dalam Meningkatkan Sikap Positif Pada Peserta Didik Kelas 10 Di SMAN 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan atau verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Positif Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin adalah Jujur, Tanggung Jawab, Peduli, Santun dan Percaya Diri. Upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam meningkatkan sikap positif peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Padang Cermin ini pada prosesnya menggunakan layanan bimbingan individu. Bimbingan individu adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik yang mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru pembimbing atau konselor dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahannya. Pelaksanaan layanan bimbingan individu diselenggarakan ketika guru BK melakukan tindak lanjut dari hasil identifikasi masalah peserta didik. Pada tahap tahap pelaksanaan layanan bimbingan individu, guru BK menggali faktor-faktor penyebab masalah yang dilakukan peserta didik yang lebih menonjol untuk mempengaruhi terjadinya sikap tidak positif di sekolah. Kata Kunci : Sikap Positif, Guru BK iv ABSTRACT By : Eka Mardayanti In every learning process there are many problems that are found, including the problem of diverse student attitudes. From some of the attitudes shown by students, in fact there are also negative attitudes or non-positive attitudes. The negative attitude of the participants had a negative impact on themselves and the school environment. One of the impacts of a negative attitude in the school environment is the lack of comfort in learning. The results of the pre-study found some students who did not have positive attitudes including lying to parents, cheating, not being picket, not throwing trash in its place, bullying friends, not greeting teachers and friends, dating outside boundaries, shy when presenting and taking photos together. The purpose of this study was to determine the positive attitudes of class X students at SMA Negeri 1 Padang Cermin for the academic year 2021/2022 and to find out the efforts of guidance and counseling teachers through individual guidance in increasing positive attitudes in 10th grade students at SMAN 1 Padang Cermin for the academic year 2021/2022. . This study uses qualitative research with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation. While the data analysis technique uses data reduction, data presentation, and making conclusions or data verification. The results showed that the Positive Attitudes of Class X Students of SMA Negeri 1 Padang Cermin were Honest, Responsible, Caring, Polite and Confident. The efforts made by the counseling guidance teacher in increasing the positive attitude of class X students at SMA Negeri 1 Padang Cermin in the process use individual counseling services. Individual counseling is a guidance and counseling service that allows students who receive direct services face-to-face with a supervising teacher or counselor in the context of discussing and alleviating problems. The implementation of individual counseling services is held when the BK teacher follows up on the results of the identification of student problems. At the stage of implementing individual counseling services, BK teachers explore the factors that cause problems by students which are more prominent in influencing the occurrence of negative attitudes in schools. Keywords: Positive Attitude, Counseling Teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:45
Last Modified: 04 Nov 2022 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21632

Actions (login required)

View Item View Item