ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMAT NON MUSLIM MENGGUNAKAN TABUNGAN BSI (BANK SYARIAH INDONESIA) (Studi BSI Kantor Cabang Bandar Lampung)

FAHRIZAL, SAPUTRA (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UMAT NON MUSLIM MENGGUNAKAN TABUNGAN BSI (BANK SYARIAH INDONESIA) (Studi BSI Kantor Cabang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAHRIZAL SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah dalam perkembanganya saat ini dituntut untuk meningkatkan kualitasnya dalam semua aspek terutama aspek sosial dan untuk dapat lebih lagi menonjolkan ke religiusanya karena tidak dapat dipungkiri akhir-akhir ini banyak umat non muslim yang telah mempercayakan sebagian dananya untuk ditipkan pada bank syariah dengan alasan tersebut yang salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apa saja faktor yang mempengaruhi umat non muslim menggunakan tabungan BSI Kantor Cabang Bandar Lampung? Manakah faktor yang sangat dominan mempengaruhi umat non muslim menggunakan tabungan BSI Kantor Cabang Bandar Lampung Bandar Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa dan faktor apa yang sangat dominan sehingga umat non muslim mempercayakan dananya di Bank Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan data primer dan sekunder yang dilakukan di BSI Kantor Cabang Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umat non muslim sudi untuk menabung di Bank Syariah Indonesia Cabang Bandar Lampung adalah Karena 5 faktor yaitu: Faktor tingkat keuntungan nisbah/bagi hasil, Faktor perhitungan bisnis, Faktor Fasilitas, Faktor sosial dan Faktor pribadi. Kelima faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap keputusan nasabah non muslim untuk menabung di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung terutama faktor sosial yang menjadi faktor dominan dimana pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang sudah seharusnya saling tolong-menolong ke jalan yang lebih baik. Kata kunci: Bank Syariah Indonesia, Menabung di Bank Syariah Indonesia, Nasabah Non Muslim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:11
Last Modified: 31 Oct 2022 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21559

Actions (login required)

View Item View Item