ANALISIS PENGARUH VOLUME UANG ELEKTRONIK TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA PADA ERA PANDEMI COVID 19 ( Menurut Perspektif ekonomi Islam Studi Pada Bank Indonesia 2018-2020)

Iwan, Sanjaya (2022) ANALISIS PENGARUH VOLUME UANG ELEKTRONIK TERHADAP JUMLAH UANG BEREDAR DI INDONESIA PADA ERA PANDEMI COVID 19 ( Menurut Perspektif ekonomi Islam Studi Pada Bank Indonesia 2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL IWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan uang elektronik yang begitu cepat dan signifikan. Ini menujukan bahwa masyarakat mulai beralih menggunakan uang elektronik yang akan berdampak pada rumus jumlah uang beredar saat ini. Uang elektronik pada dasarnya sama seperti uang tunai sebagai alat pembayaran, karena apapun satuan nilai yang terkandung dalam media uang elektronik tersebut, pada dasarnya merupakan nilai uang tunai yang dapat ditukarkan kembali kepada penerbit dalam bentuk uang tunai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Pertama bagaimana pengaruh E-money terhadap jumlah uang beredar di Indonesia, kedua bagaimanakah pandangan Islam terhadap penggunaan E-money dan jumlah uang beredar. Penelitian ini bertutujuan untuk meneliti pengaruh uang elektronik terhadap jumlah uang beredar di Indonesia.dan untuk mengetahui pandangan Islam terhadap uang elektronik dan jumlah uang beredar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan sumber data yaitu data sekunder yang di proleh dari website resmi www.bi.go.id Metode analisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan salah satu teknik Non-Probability Sampling, yaitu purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan hasil uji T : Koefisen bernilai positif antara e-money dengan jumlah uang beredar. T hitung > T tabel (2.882378>2,034515) maka ho ditolak dan h1 diterima. Karena t hitung lebih besar dari t tabel, artinya volume transaksi e-money berpengaruh terhadap jumlah uang beredar. Berdasarkan nilai Adjusted R² sebesar 0,132236, yang menunjukkan bahwa pengungkapan Electronic Money sebesar 13,22%. Sedangkan sisanya sebesar 86,78,% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukan didalam model. Berdasarkan pandangan Islam mengenai transaksi e-money bahwa transaksi tidak mengandung maysir, tidak menimbulkan riba, tidak mendorong israf (pengeluaran yang berlebihan), tidak digunakan untuk transaksi objek haram dan maksiat. Katakunci: Elektronik Money, Jumlah Uang Beredar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:57
Last Modified: 27 Oct 2022 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item View Item