PENGARUH KOMPETENSI, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi kasus Aparat Desa di Kec Sumberejo Kab Tanggamus)

FEBRI, LUSIYANTI (2022) PENGARUH KOMPETENSI, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PERSPEKTIF AKUNTANSI SYARIAH (Studi kasus Aparat Desa di Kec Sumberejo Kab Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of FEBRI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Akuntabilitas pengelolaan dana desa merupakan hal penting dalam pemerintahan desa untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di setiap program ataupun kegiatan yang dijalankan oleh pemerintah bagi kepentingan publik. Masalah yang terjadi tentang penyalahgunaan ataupun penyelewengan dana desa yang dilakukan oleh pemerintah desa yang disebabkan karena minimnya kompetensi yang dimiliki oleh aparat desa, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan program program desa serta kurang tersedianya teknologi informasi ataupun komputer serta ketidakstabilan jaringan yang ada di kantor desa di masing masing desa. Hal inilah yang diduga mempengaruhi akuntabiilitas dalam pengelolaan dana desa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa dan bagaimana akuntabilitas pengelolaan dana desa dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap akuntabiilitas pengelolaan dana desa serta untuk mengkaji bagaimana akuntabilitas pengelolaan dana desa dalam perspektif Akuntansi Syariah. Jenis penelitian ini yaitu field research dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang kemudian diproses, diolah, dan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 25. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifkan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. serta terdapat pengaruh secara simultan antara kompetensi aparatur, partisipasi masyarakat, dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Akuntabilitas dalam perspektif ekonomi islam akan terwujud apabila aparat desa mampu memenuhi kewajibannya menyampaikan amanah serta tanggung jawab dengan apa yang sudah diperbuatnya kepada instansi ataupun masyarakat yang berhak menerima pertanggungjawaban itu. Kata kunci : Kompetensi Aparatur, Partisipasi Masyarakat, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:29
Last Modified: 27 Oct 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21502

Actions (login required)

View Item View Item