Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung

Nurfitriani, Lailatul Jana (2022) Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURFITRIANI LAILATUL JANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD IT TRESNA ASIH BANDAR LAMPUNG. Oleh : Nurfitriani Lailatul Jana Percaya diri merupakan salah satu faktor keberhasilan peserta didik dalam meraih hasil belajar yang baik. Materi dalam mata pelajaran IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga hal tersebut akan mendorong Peserta didik untuk dapat berinteraksi terhadap lingkungannya. Namun hal ini tidak sejalan dengan Peserta didik kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung dimana beberapa peserta didik kelas IV mempunyai rasa percaya diri dalam berinteraksi yang rendah. Ketidak samaan tingkat rasa percaya diri yang ada pada peserta didik, mengakibatkan tingkat hasil belajar IPS pada peserta didik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasa percaya diri dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Tresna Asih Bandar Lampung, bulan Januari sampai dengan juni 2022. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung sebanyak 50 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang dimana menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian, yakni sebanyak 50 peserta didik, Penelitian ini memiliki variabel bebas yaitu rasa percaya diri (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS (Y). Instrumen penelitian terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS. Angket digunakan untuk mengukur rasa percaya diri peserta didik. Uji coba penelitian berupa uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan bantuan program SPSS v.25 for windows. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai korelasi pearson sebesar 0.815 maka terdapat hubungan antara rasa percaya diri Peserta didik dengan hasil belajar IPS kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung. hal ini menunjukkan bahwa hubungan rasa percaya diri peserta didik dengan hasil belajar IPS kelas IV SD IT Tresna Asih Bandar Lampung masuk kedalam derajat hubungan yang sangat kuat. dan memiliki hubungan sebesar 64,4 % selebihnya 33,6% di pengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Rasa Percaya Diri, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:36
Last Modified: 25 Oct 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item View Item