ANALISIS HI PER MIL DEPOSITO SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP NISBAH BAGI HASIL PADA BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tahun 2019-2021)

YULITA, YULITA (2022) ANALISIS HI PER MIL DEPOSITO SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP NISBAH BAGI HASIL PADA BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tahun 2019-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of YULITA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi di Indonesia disambut oleh pelaku bisnis dengan mendirikan koperasi maupun lembaga keuangan, seperti bank. Bank terbagi menadi dua yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menerapkan prinsip Islam atau syariah di dalam transaksi keuangannya, dengan menggunakan skema bagi hasil atau nisbah. Pengenalan nisbah melalui lembaga keuangan syariah dapat menarik minat masyarakat untuk melakukan transaksi di bank syariah. Dimana skema bagi hasil atau nisbah tidak seperti bunga yang ada pada bank konvensional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dan bagaimanakah hi per mil deposito selama pandemi covid-19 terhadap nisbah bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dan bagaimanakah hi per mil deposito selama pandemi covid-19 terhadap nisbah bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methods, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui instrumen penelitian berupa wawancara peneliti dengan responden untuk memperoleh data yang tidak ada di web site resmi Bank Muamalat Indonesia. Dan data sekunder diperoleh melalui website resmi Bank Muamalat Indonesia. Populasi dalam penelitian ini yaitu 2 pegawai Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Lampung yang mempublikasikan data hi per mil Bank Muamalat Indonesia. Sampel yang digunakan sebesar 2 yang sesuai dengan karakteristik sampling, terdapat 1 subyek yang masuk dalam kriteria penelitian maka sampel penelitian sebanyak 1. Proses penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2 ) dengan hi per mil deposito sebagai variabel independen (X) dan nisbah bagi hasil sebagai variabel dependen (Y). Dan untuk analisis data kualitatif menggunakan uji data reduction, penyajian data dan kesimpulan. Hasil perhitungan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 21 dan menguji hipotesis dengan taraf signifikan sebesar 5% yang menunjukkan bahwa berdasarkan uji t, variabel hi per mil deposito berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nisbah bagi hasil. Kemudian hasil penelitian dari hasil wawancara penulis dan reposonden dapat disimpulankan bahwa pandemi covid-19 berpengaruh terhadap nisbah bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia. Kata Kunci : Hi Per Mil Deposito, Nisbah Bagi Hasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:44
Last Modified: 21 Oct 2022 02:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item