ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DAN FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH (Study Pada BPRS Tani Tulang Bawang Barat)

VIVI, EVA SARI (2022) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO DAN FUNGSI AUDIT INTERNAL DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH (Study Pada BPRS Tani Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VIVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia usaha yang bergerak cepat dan pesat saat ini merupakan tantangan bagi para entitas perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas perusahaan. Semakin berkembangnya dunia usaha tentu akan semakin besar risiko yang dihadapi dalam operasionalnya.Oleh karena itu, penerapan manajemen yang berfungsi sebagai pengelola, pengorganisasian, perencanaan dan pengendalian merupakan satu kesatuan yang harus diterapkan. Tidak hanya itu, penerapan audit internal dalam sebuah perusahaan juga diperlukan dalam hal ini karena sebaik apapun penerapan manajemen risiko dalam sebuah perusahaan jika tidak diimbangi dengan pengendalian internal akan tetap lemah. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan manajemen risiko dan fungsi audit internal dalam meningkatkan profitabilitas Bank Syariah Tani Tulang Bawang Barat serta Bagaimana pandangan islam terhadap penerapan tersebut. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen risiko dan fungsi audit internal dalam meningkatkan profitabilitas Bank Syariah Tani Tulang Bawang Barat dan penerapan manajemen risiko dan fungsi audit internal dalam Perspektif Akuntansi Syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPRS Tani Tulang Bawang Barat untuk meminimalirisir risiko yang timbul dan meningkatkan profitabilitas perbankan telah menerapkan manajemen risiko dan audit internal dengan baik berdasarkan unsur-unsur internal control serta unsur manajemen yang berlaku. Jenis manajemen risiko yang diterapkan adalah manajemen risiko operasional dan manajemen risiko kredit sesuai dengan PJOK No. 23/PJOK. 03/2018. Dan berdasarkan perspektif islam penerapan manajeemn risiko dan audit internal telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip syariah serta tidak bertentanggan dengan etika bisnis islam hal ini dapat dibuktikan melalui produk yang ditawarkan bank dan kegiatan operasionalnya. Kata Kunci : Manajemen Risiko, Audit Internal dan Profitabilitas Perbankan Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:28
Last Modified: 21 Oct 2022 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item