UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI MAN 1 PESAWARAN

Aghisna, Rahmatika (2022) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS XI DI MAN 1 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Aghisna Rahmatika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan dan pengajaran di sekolah terutama pendidikan agama Islam merupakan hal yang sangat penting didalam pembinaan akhlak peserta didik agar tumbuh dan berkembang menjadi insan kamil yang cerdas serta terampil sekaligus bertaqwa kepada Allah SWT. dengan demikian akan terciptanya masyrakat adil dan makmur. Hal tersebut sejalan dengan UU SPN No. 20 Tahun 2003 Bab 2 Pasal 3, pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana upaya guru aqidah akhlak terhadap pembinaan akhlak siswa kelas XI di MAN 1 Pesawaran dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat proses pembinaan akhlak siswa kelas XI di MAN 1 Pesawaran. Sedangkan metode penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang bertujuan mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yaitu penelitian yang mengedepankan penelitian data dengan berlandaskan pada pengungkapan apa-apa yang diungkapkan oleh responden dari data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru Pendidikan agama islam dalam membina akhlak siswa tersebut ialah dengan melakukan pembiasaan mengucap salam, pembiasaan melakukan shalat berjamaah, pembiasaan (hari iman dan takwa) himtak, pembiasaan membaca Al-qur’an, melakukan sosialisasi sekolah, dan menaati tata tertib sekolah. Faktor pendukung dan penghambat proses pembinaan akhlak siswa kelas XI di MAN 1 Pesawaran. Berdasarkan hasil penelitian faktor pendukung proses pembinaan akhlak siswa kelas XI di MAN 1 Pesawaran ialah program (hari iman dan takwa) himtak, guru mengingatkan siswa dalam berperilaku, dan kegiatan esktrakurikuler. Sedangkan faktor penghambat yang di hadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa kelas XI di MAN 1 Pesawaran ialah, kurangnya perhatian orang tua kepada siswa, minimnya pengetahuan agama orang tua siswa, dan faktor kemajuan teknologi. Kata Kunci : Upaya Guru, Pembinaan Akhlak, Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:41
Last Modified: 20 Oct 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21425

Actions (login required)

View Item View Item