PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG

Rizkiyano, Mugiarso (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Rizkiyano.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Selain hasil belajar, kreativitas juga merupakan hal penting dalam proses pembelajaran. Siswa yang kreatif dapat menyusun gagasan/ ide-ide baru dalam menyelesaikan suatu perkara. Kreativitas dapat dipandang sebagai bentuk intelegensi. Kreativitas merupakan komponen penting dalam proses belajar. Tanpa kreativitas peserta didik hanya akan bekerja pada sebuah tingkat kognitif yang sempit. Penggunaan model pembelajaran yang mempengaruhi kreativitas siswa juga berlaku dalam pembelajaran fiqih, yang mana mata pelajaran Fiqih adalah mata pelajaran yang mengarahkan dan menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati terutama dalam ibadah sehari-hari, yang kemudian menjadi dasar pedoman hidup (way of life) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran ASSURE agar tercipta suasana kegiatan belajar mengajar yang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran fiqih di MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasy Eksperimen Design). Penelitian ini menggunakan desain nonequevalent control group pretest-prosttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Hidayatul Islamiyah Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test untuk menjawab uji hipotesis. Uji normalitas dilakukan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Uji homogenitas dilakukan menggunakan Levene Statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima atau model pembelajaran ASSURE berpengaruh signifikan pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Hidayatul Islamiyah. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka terdapat beberapa rekomendasi yang akan peneliti sampaikan, yaitu sebagai berikut : 1. Bagi Pendidik Dalam menyampaikan pembelajaran Fiqih perlu memperhatikan suasana dan kondisi lingkungan belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran ASSURE agar peserta didik menjadi kreativ, merasa nyaman, menyenangkan dan berinteraksi dalam kelompok. 2. Bagi Peserta Didik Diharapkan peserta didik lebih kreativ dan berkeinginan kuat dalam belajar serta berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. 3. Bagi Sekolah Diharapkan pihak sekolah menerapkan model pembelajaran ASSURE sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik, model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai suatu upaya guna mempengaruhi hasil belajar peserta didik. 4. Bagi Peneliti Bagi peneliti lain diharapkan menjadi salah satu rujukan agar tidak melakukan penelitian yang sama dengan penelitian ini, sebab hal tersebut bersifat plagiarisme. Kata Kunci : ASSURE, Kreativitas Belajar Fiqih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:15
Last Modified: 19 Oct 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item